Wujudkan Keamanan Siber, Pemko Padang Luncurkan Padang - CSIRT

By Administrator 28 Sep 2022, 11:12:11 WIB Padang
Wujudkan Keamanan Siber, Pemko Padang Luncurkan Padang - CSIRT

WARTA ANDALAS, PADANG - Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padang meluncurkan Padang-Computer Security Incident Response Team (Padang-CSIRT) atau Tim Tanggap Insiden Siber.

Peluncuran tersebut dilakukan oleh Wali Kota Padang Hendri Septa bersama Direktur Keamanan Siber dan Sandi Teknologi Informasi dan Komunikasi Rinaldi, di Ruang Abu Bakar Ja'ar, Balaikota Padang, Aie Pacah, Selasa (27/9/2022). 

Wali Kota Padang Hendri Septa menjelaskan, pembentukan Tim Tanggap Insiden Siber merupakan amanat dari Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Nomor 10 Tahun 2020 Tentang Pembentukan Tim Tanggap Insiden Siber, dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Baca Lainnya :

"Maraknya insiden Siber belakang ini yang menyerang situs pemerintah membuat kita harus segera membentengi data-data penting terutama menyangkut data pribadi masyarakat pada layanan elektronik pemerintahan dengan pengamanan Siber yang bisa diandalkan. Oleh karena itu kita Pamerintah Kota Padang mengapresiasi Dinas Kominfo Kota Padang yang telah membentuk Padang-CSIRT ini," ucap Wako Hendri Septa.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Padang mewakili Kadis Kominfo Padang di kesempatan itu mengungkapkan, pembentukan CSIRT dilatarbelakangi oleh banyaknya serangan kejahatan siber yang menargetkan data-data milik institusi pemerintahan. Serangan yang cukup masif terhadap situs dan database pemerintahan ini sangat berbahaya apabila tidak ditangani dengan cepat.

 "Tim ini dibentuk dengan tujuan untuk melakukan penyelidikan komprehensif dan melindungi sistem atau data atas insiden keamanan siber yang terjadi pada organisasi. CSIRT berperan dalam pencegahan insiden dengan cara terlibat aktif pada penilaian dan deteksi ancaman, perencanaan mitigasi, dan tinjauan atas arsitektur keamanan informasi organisasi," pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Keamanan Siber dan Sandi Teknologi Informasi dan Komunikasi Rinaldi menyebutkan, pada tahun 2022 ini akan dibentuk sebanyak 32 CSIRT yang tersebar di kementerian/lembaga dan daerah. Kota Padang merupakan kota ke-15 yang mendaftarkan CSRITnya ke BSSN dan melakukan launching CSIRT pada hari ini dari 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Didi Aryadi, Asisten Administrasi Umum Corri Saidan, unsur Forkopimda Kota Padang, unsur Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat, pimpinan OPD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kota Padang. (Mul/Prokopim Pdg)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.