Tradisi Leluhur, Desa Sidanegara Gelar Sedekah Bumi dan Larung Gunung Kembar

By Administrator 15 Agu 2022, 06:36:19 WIB Purbalingga
Tradisi Leluhur, Desa Sidanegara Gelar Sedekah Bumi dan Larung Gunung Kembar

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA  - Sudah menjadi tradisi turun temurun dari leluhur masyarakat Desa Sidanegara, Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga merayakan pesta rakyat sebagai wujud syukur masyarakat kepada sang pencipta dengan di karuniai alam beserta hasil buminya yang melimpah ruah.

Sedekah bumi digelar masyarakat di Wahana Wisata Apik Klepu, yang juga merupakan rintisan wisata budaya di Desa Sidanegara. Wisata klepu sendiri diambil dari nama salah satu rumpun dari pohon Dewandaru yaitu Pohon Klepu, hal ini disampaikan Pengelola Destinasi Wisata Budaya Adat  dan Tradisi Apik Klepu Desa Sidanegara Sutarko, Jumat Kliwon (12/8/2022).

“Obyek wisata disini secara periodik menggelar acara-acara budaya adat dan tradisi. Hari ini bertepatan dengan 12 Agustus 2022 hari Jumat Kliwon kita mengadakan acara sedekah bumi yang kita garap dalam bentuk larungan gunung kembar, yaitu gunungan yang berisi semua hasil dari bumi dan seribu jajan anak yang nanti akan kita grebeg bersama-sama,” katanya.

Baca Lainnya :

Acara dimulai dengan penampilan tari tradisional dari anak-anak Desa Sidanegara. Kemudian dilanjutkan dengan berdoa bersama sebagai ungkapan rasa syukur atas melimpahnya kekayaan alam Desa Sidanegara. Acara semakin meriah begitu pemandu acara mempersilahkan prosesi rebutan gunungan yang berisi semua hasil dari bumi dan seribu jajan anak.

Kepala Desa Sidanegara, Paryono mengatakan Wahana Wisata Apik Klepu Desa Sidanegara ini merupakan rintisan wisata budaya. Dia berharap Pemerintah Kabupaten Purbalingga memberikan dukungan agar objek wisata budaya ini bisa berkembang.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Prayitno memberikan Apresiasi yang sangat baik untuk warga  Desa Sidanegara yang sudah kompak untuk nguri-uri budaya  di era yang modern saat ini.

“Dinporapar akan terus mensuport wisata di Sidanegara, karena wisata desa yang berbasis budaya di Purbalingga baru ada satu, Omah Wayang di Selakambang. Mudah-mudahan Sidanegara bisa berkembang menjadi desa wisata berbasis budaya. Serta tempat wisata Wahana Apik Klepu bisa terus maju dan pengunjung wisatanya semakin meningkat," katanya. (DHS/Kominfo)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.