Ratusan UMKM Ikuri Pelatihan Mengolah Kopi Fermentasi

By Administrator 29 Nov 2022, 19:24:10 WIB Purbalingga
Ratusan UMKM Ikuri Pelatihan Mengolah Kopi Fermentasi

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Sejumlah 200 petani dan pegiat UMKM kopi mengikuti pelatihan pengolahan kopi fermentasi, pada Selasa (29/11), bertempat di Grand Ballroom Braling Hotel Purbalingga. Acara yang diselenggarakan atas kerjasama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan DPR RI Komisi VII tersebut bertujuan untuk mendiseminasikan informasi teknologi dalam pengolahan kopi dengan teknik roasting kepada para petani kopi lokal di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu panitia pelatihan dari BRIN, Arya Pradana. Ia menyampaikan bahwa melalui pelatihan tersebut, diharapkan Purbalingga mampu terus menghasilkan kopi asli Purbalingga dengan kualitas yang terbaik.

Sementara itu, Bupati Purbalingga diwakili oleh Asisten ekonomi dan pembangunan setda Purbalingga, Agus Winarno menyampaikan bahwa Purbalingga punya banyak jenis kopi khasnya sendiri dan hal tersebut memerlukan branding yang kuat.

Baca Lainnya :

“Bukan semata-mata berbeda nama kopinya, tetapi harus ada kekhasan tersendiri. Jadi ketika orang mendengar kopi asli Purbalingga, mereka bisa langsung tahu bahkan mengerti rasanya seperti apa, dan sensasi kopinya bagaimana,” ujar Agus.

Kemudian untuk kopi yang diekspor, lanjutnya, paling tidak kita harus selalu jaga kualitas, kuantitas, dan kontinuitas.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Purbalingga, Johan Arifin menyampaikan bahwa kini cara orang menikmati kopi sudah berbeda. Maka hal ini menjadi sebuah peluang tersendiri, khususnya untuk produk olahan kopi.

“Saya kira kita punya sejarah perkopian yang bagus kalau menurut teman-teman penikmat kopi. Saya yakin semangat kita semua untuk menggeliatkan kopi di Purbalingga bisa kita wujudkan,” ujar Johan.

Kami Pemerintah Kabupaten Purbalingga, lanjut Johan, akan terus berkomitmen mendorong agar kopi Purbalingga bisa terus eksis. Berbagai pelatihan pun sudah kami laksanakan, termasuk pada hari ini. Terima kasih BRIN dan Rofik Hananto selaku anggota DPR RI Komisi VII atas terselenggaranya pelatihan pada hari ini.

Kepala BRIN Kebumen, Purwantoro, dalam sambutannya mengatakan Purbalingga menjadi salah satu daerah sentral penghasil kopi di Jawa Tengah, selain nanas dan industri knalpot. Maka, BRIN sebagai lembaga riset yang menghasilkan riset dasar hingga riset terapan berupaya turut membantu perkembangan para UMKM dan petani kopi.

“Kopi yang menjadi produk unggulan di beberapa daerah, khususnya Purbalingga diharapkan bisa menjadi komoditas utama. Sehingga dalam jangka panjang, kopi diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani kopi dan para UMKM yang berkaitan dengan pengolahan kopi,” tutup Purwantoro mengakhiri sambutannya. (GIN/Kominfo)







Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.