Peringati Hari Anak, Ny. Dewi Sutan Riska: Mari Penuhi Hak dan Perlindungan Anak

By Administrator 30 Jul 2022, 08:28:14 WIB Dharmasraya
Peringati Hari Anak, Ny. Dewi Sutan Riska: Mari Penuhi Hak dan Perlindungan Anak

WARTA ANDALAS, DHARMASRAYA - Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Dharmasraya menggelar peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-37 yang digelar di Halaman Kantor bupati setempat, Jumat (29/7/2022). 

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 pada 23 Juli 2022 mengambil tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju". Melalui tema ini diharapkan anak Indonesia pada situasi pascapandemi Covid-19 terus terlindungi fisik, jiwa, dan mendapatkan hak-hak, seperti hak belajar, bermain, dan bergembira. 

Ketua Himpaudi Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska, menyebutkan peringatan HAN digelar dengan semangat dalam upaya membangun kreativitas anak, percaya diri anak, semangat kerjasama, dan kesatuan serta semangat berkompetisi anak dengan menciptakan persaingan yang sehat. 

Baca Lainnya :

"Bunda sangat berbahagia dapat bertemu hari ini, bunda melihat anak-anak Dharmasraya ceria dan bergembira hari ini, bunda senang melihat kalian semua tersenyum dan riang gembira," ujarnya. 

Dewi Lopita berharap momentum hari anak nasional dapat meningkatkan kepedulian setiap individu, keluarga, masyarakat, pemerintah, dan dunia usaha akan pentingnya tugas dan peran masing-masing dalam pemenuhan hak anak. 

Selanjutnya, momentum HAN dapat dimaknai sebagai bentuk peduli seluruh pihak terhadap perlindungan dan pemenuhan hak anak agar tumbuh secara optimal dengan mendorong keluarga sebagai pengasuhan yang berkualitas untuk anak. 

"Saat ini banyak tantangan dalam menjaga dan mendidik anak, hari ini kita masih mendengar anak yang belum memiliki dokumen akte dan KIA, anak dengan mudah mengakses pornografi, terjadi kekerasan terhadap anak, anak berkebutuhan khusus tidak terpenuhi haknya, hingga ada anak kita yang sudah terpengaruh narkoba, tentu hal ini perlu dicegah dan disikapi secara bijak," ungkapnya. 

Menurutnya tantangan terhadap anak dapat dicegah dengan lingkungan yang kondusif mulai dari keluarga (orang tua) sebagai madrasah pertama yang akan melahirkan anak-anak yang berkarakter dan beraklak mulia dimasa akan datang. 

Dewi berpesan mari bersama bantu anak-anak Dharmasraya agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal melalui asuhan keluarga yang berkualitas. 

"Karena baik buruknya keluarga akan menjadi cerminan bagi masa depan anak, begitu juga baik buruknya seorang anak tergantung dari pola pengasuhan dari lingkungan dan keluarga," bebernya. 

Bupati Sutan Riska melalui Sekda Adlisman mengapresiasi digelarnya kembali peringatan Hari Anak Indonesia di Kabupaten Dharmasraya secara terbuka dan bersama-sama setelah sempat terhenti dua tahun terakhir karena pandemi COVID-19.

Menurutnya peringatan hari anak nasional dapat dimaknai sebagai momentum yang dapat memberi semangat kepada seluruh elemen untuk membimbing dan membina anak-anak menjadi generasi yang cerdas dan dapat diandalkan dimasa depan. 

"Selajutnyakita berharap kegiatan ini tidak hanya dijadikan sebagai agenda seremonial saja, namun hendaknya memberi pernyataan dan peringatan kepada kita bersama bagaimana menyiapkan anak-anak hari ini menjadi generasi yang berkualitas dan membanggakan. Insyaallah, Pemkab Dharmasraya siap mendukung hal ini," tukasnya. 

Peringatan HAN dihadiri Ketua Himpaudi Sumatera Barat (Sumbar), Irma Candra, Ketua Himpaudi Dharmasraya Ny Dewi Sutan Riska, Sekda Dharmasraya Adlisaman, para staf ahli, asisten, Plt Kepala Dinas Pendidikan Yefrinaldi, serta bunda dan anak Paud di Dharmasraya. (hms)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.