Perempuan Milenial, Cerminan Kehidupan Masa Depan
Oleh: Salshabila Nadya

By Administrator 21 Apr 2021, 20:04:01 WIB Opini
Perempuan Milenial, Cerminan Kehidupan Masa Depan

“Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya” – (R.A Kartini)

Jika kita berbicara mengenai perempuan, pastinya tidak akan terlepas dari kesetaraan gender. Di masyarakat kita saat ini, sebagian besar dari mereka masih berpikir bahwa perempuan lebih lemah dari laki-laki. Mereka berpikir bahwa perempuan tidak mampu melakukan pekerjaan yang berat, bahkan menjadi pemimpin. Padahal, perempuan dan laki-laki sama saja, sama-sama makhluk yang diciptakan Tuhan dengan segala kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Lalu, apa akibat yang ditimbulkan dari pemikiran seperti itu? Sering kali kita mendengar bahwa perempuan menjadi korban pelecehan ataupun korban diskriminasi yang dilakukan oleh kaum lelaki, tentunya hal ini disebabkan karena adanya pemikiran-pemikiran yang menyatakan bahwa perempuan lebih lemah dari laki-laki.

Banyak orang mengatakan, bagus tidaknya sebuah negara adalah tergantung pada kualitas perempuannya. Kalimat ini tentu menyadarkan kita bahwa begitu besar pengaruh wanita untuk sebuah negara, dari pernyataan tersebut, maka sudah dapat dipastikan, setiap wanita harus berkualitas baik dengan didukung oleh pendidikan dan juga kemajuan teknologi saat ini. Setiap perempuan harus mendapatkan hak mereka, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas perempuan. Namun, banyak kasus yang kita temui bahwa perempuan diberi batasan untuk melakukan sesuatu, untuk mengerjakan apa yang ingin mereka kerjakan, dan masih banyak hal lain yang membatasi perempuan untuk mengembangkan diri mereka sendiri.

Baca Lainnya :

Setiap tahun, survey menunjukkan bahwa angka pelecehan terhadap perempuan di Aceh  bertambah setiap tahunnya. Berdasarkan hasil investigasi The Foundation Kita dan Buah Hati pada 2015, Aceh menduduki peringkat pertama pelecehan seksual terhadap perempuan di Indonesia. Menurut Catatan Tahunan Kekerasan terhadap Perempuan di Aceh 2013-2014 oleh Balai Syura Ureung Inong Aceh (BSUIA) bekerja sama dengan Jaringan Pemantau Aceh (JPA) 231 dan Pusat Studi Wanita Universitas Islam Negeri (PSW UIN) Ar-Raniry Banda Aceh pada 2015, angka kekerasan seksual terhadap perempuan berupa pemerkosaan terus meningkat di Aceh. Pada 2013, terjadi 42 kasus dengan rentang usia korban 6-18 tahun dan 52 kasus dengan rentang usia korban 26-40 tahun 2014.

Berdasarkan data Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A) Aceh pada 2014, angka pelecehan seksual terhadap anak terus meningkat di Aceh pada 2014, angka pelecehan seksual terhadap anak terus meningkat di Aceh, yakni 278 kasus pada 2009, 311 kasus tahun 2010 dan 468 kasus pada 2011-2012.

Berdasarkan data tersebut, penulis merasa prihatin akan hal yang terjadi pada perempuan yang berada di Provinsi Aceh, daerah yang terkenal dengan syariat Islamnya yang kental, ternyata sangat banyak kasus yang terjadi di dalamnya. Karena itulah, kita sebagai masyarakat harus melakukan suatu upaya untuk mencegah atau mengurangi kekerasan terhadap perempuan. Salah satunya adalah cara memberikan sosialisasi atau penyuluhan kepada perempuan-perempuan yang berada di desa, sekolah, dan tempat lainnya. Dengan memberikan penjelasan betapa berharganya seorang perempuan, dan kita harus memberikan pengertian bahwasanya perempuan dan laki-laki sama saja, tidak ada perbedaan diantara keduanya.

Sudah waktunya perempuan memunculkan diri mereka di ranah publik, memerdekakan diri mereka di hadapan orang-orang. Perempuan adalah orang yang sabar, berjiwa besar, mereka mampu memberikan kehangatan, berani, dan pekerja keras. Karena inilah perempuan memegang peran besar di era milenial. Lalu, harus seperti apakah perempuan di era milenial?

Era milenial merupakan sebuah proses berkembangnya banyak hal dalam berbagai aspek, sehingga kita pun harus mampu mengikuti dan menyeimbangkan diri kita dalam perkembangan zaman. Menjadi perempuan di era seperti ini, perempuan tidak boleh lemah, perempuan harus mampu menghadapi berbagai masalah yang dating akibat perkembangan zaman. Perempuan harus mampu memilah mana yang baik dan mana yang buruk bagi dirinya dan keluarga. Dengan kecerdasan seorang perempuan, maka kebahagiaan dapat dicapai. Selain itu, perempuan juga berperan penting dalam menjadi warga Negara dan warga dunia sebagai pembawa kehidupan menuju yang lebih baik. Besarnya peran perempuan di era ini semakin terlihat dengan makin eksisnya kaum perempuan di berbagai bidang. Contohnya saja seperti saat ini banyak perempuan yang menjadi juru parkir, montir, pilot, bahkan menjadi pemimpin di daerahnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tuntutan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup dan tuntutan keluarga dimana banyak perempuan yang menjadi tulang punggung bagi keluarganya.

Kesetaraan gender, telah membuktikan bahwa kaum perempuan bukanlah kaum yang lemah, yang bisa ditindas dan diperlakukan sesuka hati. Namun, kaum perempuan adalah kumpulan orang-orang yang kuat, mandiri, dan tentunya tangguh. Lalu, bagaimanakah hubungan antara kaum laki-laki dan kaum perempuan setelah terwujudnya kesetaraan gender? Jelas bahwa kaum lelakilah yang tetap menjadi pemimpin bagi perempuan, lelakilah yang juga harus melindungi perempuan, bukan melecehkannya. Perempuan tidak dilarang untuk mengenyam pendidikan setinggi-tingginya, tetapi yang perlu diingat adalah tujuan perempuan mengenyam pendidikan bukanlah untuk mendapatkan jabatan yang tinggi, tujuan utamanya adalah untuk membangun generasi. Perempuan harus bias menyeimbangkan kehidupan kariernya tanpa melupakan tugas dan kewajibannya. Ketika hal ini sudah terpenuhi, maka pernyataan “sebuah negara akan bagus jika memiliki perempuan yang berkualitas” akan menjadi kenyataan. Maka dari itu, jadilah perempuan yang tangguh dan cerdas di era Milenial!. (**)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar