Kodam III/Slw Bekali Pasis Dikreg LXII Seskoad dengan Semangat Berinovasi

By Administrator 18 Jul 2022, 23:42:41 WIB Lintas Provinsi
Kodam III/Slw Bekali Pasis Dikreg LXII Seskoad dengan Semangat Berinovasi

WARTA ANDALAS, BANDUNG - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo membuka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Wilhan Pasis Dikreg LXII Seskoad TA. 2022 bertempat di Lapangan Upacara Kodam III/Siliwangi Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung Jawa Barat, Senin (18/7/2022). 

Pembukaan KKL Wilhan Pasis Dikreg Seskoad diawali dengan pengenalan sejarah Kodam III/Siliwangi yang disampaikan Kabintaldam III/Siliwangi Kolonel Inf Budi Iman Santoso.

274 Pasis Dikreg LXII akan melaksanakan KKL di 20 Kodim yang tersebar di 4 Korem jajaran Kodam III/Siliwangi.

Baca Lainnya :

Di sela-sela mendampingi Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo meninjau Pameran Inovasi Kodam III/Siliwangi bertempat di Taman Pule, Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto mengungkapkan, bahwa KKL merupakan salah satu kegiatan kompetensi pendukung di bidang pengetahuan dan keterampilan dengan tujuan untuk membekali para Perwira Siswa tentang bagaimana mengidentifikasi permasalahan pada pelaksanaan pemberdayaan pertahanan Matra Darat yang diwujudkan melalui program Binter.

Kapendam menambahkan, sesaat sesudah memberikan sambutannya, Pangdam III/Siliwangi menyerahkan cenderamata kepada Danseskoad, Kapolda Jabar diwakili Irwasda Polda Jabar, serta Gubernur Jabar diwakili Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Jabar, dilanjutkan dengan foto bersama.

Kegiatan dilanjutkan Pangdam dengan meninjau stand-stand yang memamerkan hasil inovasi dari Satuan jajaran Kodam III/Slw, diantaranya dari Hubdam III/Siliwangi, Korem jajaran, Brigif 15/KJ II, Yonif R 300/Bjw, Yonzipur 3/YW, Yonarhanud 3/YBY, Yonkav 4/KC, Yonarmed 4/105 GS, Yonarhanud 14/PWY.

Inovasi Kodam III/Slw juga turut diramaikan oleh masyarakat wilayah Jawa Barat diantaranya Universitas Garut dengan menampilkan smart traffic light (pengurai kemacetan), SMKN 2 Cimahi dengan menampilkan Printer 3 Dimensi, PT Surya Utama Putra dengan menampilkan Ransel tenaga surya, serta PT Paranje dengan menampilkan Produk kandang apartemen ayam juga Produk Bios 44DC.

Kepada awak media, Pangdam menjelaskan kegiatan pameran inovasi bertujuan memberikan semangat kepada para Siswa Dikreg LXII Seskoad yang akan menyelenggarakan KKL Wilhan di wilayah Kodam III/Siliwangi, untuk selalu menciptakan suatu inovasi. 

Dengan menghimpun seluruh hasil inovasi di stand pameran, diharapkan akan memberikan motivasi bagi para Siswa untuk menciptakan inovasi yang solutif, hingga dapat mengatasi persoalan yang ada di wilayah. 

"Semua itu merupakan bekal dalam pelaksanaan KKL Wilhan di Kodam III/Siliwangi" ungkap Pangdam. 

Pangdam menambahkan, selain memberikan motivasi kepada para Siswa Dikreg LXII Seskoad, inovasi ini menjadi salah satu sarana dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat. Pendekatan melalui teknologi terapan, teknologi biologi, teknologi fisika, teknologi kimia, serta teknologi komunikasi dapat dipergunakan terutama dalam mencari solusi. Inovasi ini juga oleh Kodam III/Siliwangi telah diterapkan di satuan internal. 

Salah satu contohnya, hasil inovasi yang dipamerkan tersebut telah diterapkan oleh satuan jajaran Kodam III/Siliwangi yang berangkat Tugas Operasi di wilayah Maluku, Papua, dan Kalimantan. Selain itu, hasil inovasi ini juga telah dimanfaatkan oleh Pemerintahan khususnya di wilayah Jawa Barat, Serang dan Banten.

Sementara itu di tempat yang sama, Komandan Seskoad Mayjen TNI Dr. Anton Nugroho, MMDS, M.A., atas nama Lembaga Seskoad mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pangdam III/Siliwangi dan jajaran, serta semua pihak yang telah memberikan dukungan dan kerjasamanya sehingga KKL Wilhan dapat diselenggarakan sesuai dengan rencana. 

Danseskoad berharap, permasalahan yang bekaitan dengan pemberdayaan wilayah pertahanan yang ada di satuan kewilayahan khususnya peran satkowil membantu Pemda dalam percepatan pembangunan guna peningkatan ekonomi nasional dapat dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif, selanjutnya dirumuskan dan dicari pemecahannya secara komprehensif dan integral.  (Amir/Pendam III/Siliwangi)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.