Didukung Andre Rosiade, Pembangunan Pasar Rakyat Belimbing Dimulai

By Administrator 03 Agu 2022, 07:50:25 WIB Padang
Didukung Andre Rosiade,  Pembangunan Pasar Rakyat Belimbing Dimulai

WARTA ANDALAS, PADANG - Di bawah kepemimpinan Wali Kota Padang Hendri Septa, Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus berupaya menunjang dan meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Padang. 

Salah satu dari upaya tersebut adalah dengan menciptakan kondisi pasar yang nyaman dan representatif sebagai sebagai pusat perekonomian masyarakat.

Setelah menata Pasar Raya Padang dan pasar satelit lainnya, kini Pasar Rakyat Belimbing, Kuranji yang diperancak.

Baca Lainnya :

"Alhamdulillah, kita sangat bersyukur dan senang sekali hari ini resmi dimulai pembangunan Pasar Rakyat Belimbing. Pasar ini sangat penting direvitalisasi sebagai salah satu pasar utama di Kota Padang, khususnya bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Kuranji dan sekitarnya. Semoga dengan itu pedagang dan pembeli di pasar ini menjadi nyaman, geliat perdagangan pun semakin meningkat," ungkap Wali Kota Padang Hendri Septa sewaktu melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Pasar Rakyat Belimbing, Selasa (2/8/2022) pagi. 

Hadir langsung di kesempatan itu Anggota Komisi VI DPR RI daerah pemilihan (dapil) Sumatera Barat (Sumbar) I Andre Rosiade, Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani beserta sejumlah Anggota DPRD Kota Padang Fraksi Partai Gerindra.

Wako Hendri menyebut, atas nama Pemerintah Kota (Pemko) dan warga Kota Padang menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade yang telah memfasilitasi upaya pembangunan Pasar Rakyat Belimbing tersebut.

"Alhamdulillah, beliau (Andre Rosiade) telah memfasilitasi rencana pembangunan Pasar Rakyat Belimbing ini, sehingga pasar tersebut bisa dibangun berkat dukungan Kementerian Perdagangan melalui dana Tugas Pembantuan (TP) APBN Tahun Anggaran (TA) 2022 senilai Rp4 milyar. Diperkirakan pembangunannya selesai dalam lima bulan ke depan," imbuhnya 

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu juga mengatakan pembangunan Pasar Rakyat Belimbing sejatinya merupakan bagian dari penataan pedagang yang dilakukan Pemko Padang secara bertahap. 

"Kita juga harapkan dengan dilakukannya pembangunan Pasar Rakyat Belimbing ini juga turut meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Padang. Untuk itu kepada pedagang yang menempati kios yang baru nantinya diharapkan senantiasa menjaga dan menggunakan sarana perdagangan tersebut dengan sebaik mungkin," pungkas Wali Kota mengakhiri.

Pada saat yang sama Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengatakan Pasar Rakyat Belimbing adalah satu dari sejumlah pasar yang pembangunannya difasilitasi olehnya di Sumbar.

Dimana sebelumnya tahun 2010 telah dibangun dua pasar di Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Selanjutnya pada 2021 juga dibangun Pasar Pematang Panjang di Kabupaten Sijunjung.

“Saya sangat bersyukur pembangunan Pasar Rakyat Belimbing hari ini pengerjaannya dimulai dengan membangun sebanyak 24 kios dan 66 hamparan disertai sarana penunjang lainnya. Hal ini merupakan upaya dan kolaborasi kita bersama-sama dalam menghadirkan fasilitas berdagang yang layak, aman dan nyaman bagi  pedagang pasar. Semoga dengan itu minat masyarakat berbelanja ke pasar ini semakin meningkat. Jadi inilah harapan kita sesungguhnya," katanya.

Menurut Andre, Pasar Rakyat Belimbing memang layak dibangun, apalagi pernah terbakar dan pembangunannya sekarang juga tersendat. 

"Kami bersama Pemko memastikan pembangunannya dengan mendatangi Menteri Perdagangan  beberapa bulan yang lalu. Proposal yang diberikan oleh Pemko pun alhamdulillah diakomodir oleh Menteri Perdagangan,” sambung Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar tersebut 

Dalam kesempatan itu hadir mendampingi Wali Kota Padang yakni Sekda Kota Padang Andree Algamar bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan Didi Aryadi yang juga Plt Kepala Dinas Perdagangan. 

Juga terlihat Kepala Dinas PUPR Tri Hadyanto, Kepala Inspektorat Syuhandra, Kabag Prokopim Amrizal Rengganis serta Camat Kuranji Yandra dan Lurah Kuranji Martias Ali. 

Juga hadir Pimpinan Bank Nagari Cabang Pasar Raya Syafrizal, CH dan Pimpinan Bank nagari Cabang Siteba Muhidin Sadar serta  Ketua HKTI Padang Adek Hansen dan perwakilan pedagang Pasar Rakyat Belimbing.(Dv/Prokopim Pdg)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.