Wawako Sawahlunto Ajak Masyarakat Bayar Zakat Melalui Amil

By Administrator 27 Okt 2020, 13:17:56 WIB Sawahlunto
Wawako Sawahlunto Ajak Masyarakat Bayar Zakat Melalui Amil

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Wakil Walikota Sawahlunto H. Zohirin Sayuti mengajak masyarakat membayar zakat melalui Amil dan bukan disalurkan sendiri-sendiri.

"Bahkan ada pendapat ulama mengatakan tidak sah zakat tanpa melalui Amil," ujarnya di Aula Kantor Camat Barangin saat memberikan sambutan pada penyerahan zakat kepada Mustahik Kecamatan Barangin, Senin (26/10).

Selanjutnya kata Wawako, supaya azas manfaat lebih besar, ke depan harus ada upaya mengajak pedagang membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), tidak hanya dari kalangan ASN semata.

Baca Lainnya :

Diakuinya, saat ini besaran dana zakat terkumpul di BAZNAS Kota Sawahlunto tidak begitu besar karena para pegawai sudah banyak pensiun. Tak hanya itu, zakat ASN yang berasal dari Sekolah Menengah Atas tidak lagi dipungut daerah melainkan Provinsi.

"Zakat itu memutus mata rantai orang yang terjebak rentenir," sambungnya.

Pada kesempatan itu, Ia juga meminta maaf kepada Mustahik yang sudah lama menunggu dan berharap secepatnya bantuan zakat.

"Dana zakat kita terbatas, harus ada seleksi dulu apakah orang yang mengajukan permohonan tersebut masuk Asnaf delapan atau tidak," Ungkapnya.

Disamping itu, Wawako Zohirin memuji bagusnya pengelolaan zakat yang dilakukan BAZNAS Kota Sawahlunto.

"Mudah-mudahan ke depan dana zakat terkumpul lebih besar lagi, pergunakan bantuan ini sesuai rencana, semoga berkah bagi Muzakki," tutupnya.

Sementara, Ketua BAZNAS Kota Sawahlunto H. M. Syarif menyebutkan, jumlah keseluruhan bantuan zakat untuk Kecamatan Barangin sebanyak 125 Juta Rupiah lebih. Adapun Kecamatan Talawi, Lembah Segar dan Talawi sudah di serahkan sebelumnya.

"Selama bulan Oktober sudah kita salurkan zakat lebih dari 400 juta rupiah," terangnya.

Turut serta hadir penyerahan zakat, utusan Kemenag dan Camat setempat. (rf)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar