Warga Labu Pacah Sulap Karpet dan Handuk Bekas Jadi Pot Bunga Unik

By Administrator 24 Okt 2020, 20:08:52 WIB Agam
Warga Labu Pacah Sulap Karpet dan Handuk Bekas Jadi Pot Bunga Unik

WARTA ANDALAS, AGAM - Di tangan Zubirman (50), warga Labu Pacah, Nagari Geragahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, karpet dan handuk bekas diolah menjadi pot bunga unik yang bernilai ekonomis.

Meski belum genap sebulan, usaha kerajinan tangan yang digeluti Zubirman sudah banyak yang melirik. Bahkan, produk yang dipelajarinya secara autodidak itu sudah menghasilkan rupiah.

“Sudah ada yang beli 10 pot ukuran kecil, pembelinya masih orang-orang sekitar sini,” ujarnya kepada AMC, Kamis (22/10).

Baca Lainnya :

Diceritakan Zubirman, kepandaian mengolah karpet dan handuk bekas menjadi pot bunga itu berawal dari ide seorang kerabat. Ditambah dirinya melihat limbah karpet bekas yang terbengkalai di rumah orang tuanya.

“Namun saat itu, kawan suruh pakai popok bekas, tapi saya pikir lagi, kenapa tidak dicoba dengan karpet bekas, akhirnya sekali coba berhasil bikin pot bunga ini,” ucapnya.

Zubirman tidak menyangkal pot bunga uniknya itu akan banyak dilirik seiring dengan tren tanaman hias. Dirinya berharap, tren memelihara tanaman hias yang belakangan ini makin digandrungi akan membuat dirinya ikut kecipratan rezeki.

Menurutnya, proses pembuatan pot bunga bisa memakan waktu selama tiga hari. Proses itu harus melewati pencampuran semen, pembentukan, pengeringan dan pengecetan.

Diakuinya, proses pengeringan memakan waktu yang cukup lama. Pengeringan tidak boleh terkena sinar matahari langsung, sebab akan membuat pot bunga menjadi retak.

Keunikan pot bunga buatan Zubirman bisa dilihat dari bentuknya yang tidak biasa. Pot bunga dibentuk sesuai kreasinya, yang bisa terinspirasi dari mana saja.

Zubirman mematok harga Rp20-100 ribu untuk setiap pot yang dibuatnya. Harga pot bergantung ukuran yang dibuat.

“Makin banyak semen yang digunakan, maka harganya makin mahal,” tuturnya.

Diakui Zubirman, saat ini dirinya belum memproduksi pot bunga unik dalam jumlah banyak. Selain keterbatasan modal, dirinya baru memasarkan produk dari mulut ke mulut.

“Pot bunga bisa dipesan sesuai keinginan, yang minat bisa hubungi saya di nomor 081293984307,” sebutnya.

Selain membuat pot bunga unik, Zubirman juga membuat kolam unik lengkap dengan aksesorinya dengan memanfaatkan karpet bekas. (Depit/AMC/H)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar