Tonil Bahasa Tansi Warnai Pekan Budaya Daerah Kota Sawahlunto

By Administrator 18 Nov 2021, 20:51:21 WIB Sawahlunto
Tonil Bahasa Tansi Warnai Pekan Budaya Daerah Kota Sawahlunto

SAWAHLUNTO -  Pemerintah Kota Sawahlunto akan menggelar kegiatan Pekan Kebudayaan daerah. Kegiatan yang dikemas dengan Festival Warisan Budaya itu digelar di Museum Goedang Ransoem kota ini, Selasa – Jumat, 23 sampai 26 November 2021 mendatang.

 “Kegiatan pelestarian budaya yang ada dikota ini juga merupakan rangkaian dalam menyambut hari jadi Kota Sawahlunto ke 133. Berisi lomba Tonil bahasa Tansi, festival lagu minang legendaris dan festival Randai” kata Syukri Kepala Seksi Seni dan Tradisi Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto Kamis (18/11/2021).

Lebih jauh Syukri menjelaskan untuk festival Randai akan diikuti sanggar seni dan sekolah se Kota Sawahlunto. Dan lomba festival lagu minang legendaries terbuka buat umum.

Baca Lainnya :

Kepala Seksi Sejarah dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto Desrifahmi menambahkan untuk lomba Tonil bahasa Tansi digelar agar bahasa keseharian yang kerap dipergunakan warga kota warisan dunia ini tetap lestari

“Pelestarian ini sangat penting terlebih Bahasa Tansi Sawahlunto ditetapkapkan Pemerintah Republik Indonesia sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTI),” sebutnya

Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menetapkan Bahasa Tansi Sawahlunto sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTI) asal Sumatera Barat.

Penetapan ini ditandai dengan penyerahan sertifikat WTBI oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diwakili oleh Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid kepada Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno pada acara Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia yang digelar di Gedung Kesenian Jakarta pada Rabu (10/10/2018) lalu. (TAS)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar