Tingkatkan Literasi, KPPL Agam Gelar Kelas Menulis Buku

By Administrator 30 Jan 2020, 09:20:38 WIB Agam
Tingkatkan Literasi, KPPL Agam Gelar Kelas Menulis Buku

WARTA ANDALAS, AGAM - Guna meningkatkan literasi Guru, Kelompok Penulis Pengiat Leterasi (KPPL) Agam bekerjasama dengan kementrian Agama dan Satu Guru Satu Buku (SaguSabu) Media Guru menggelar, Kelas Menulis Buku untuk para guru di Sumatera Barat, Selasa (29/1)

Kelas menulis buku yang dipusatkan di Pusdiklat Regional Baso Kabupaten Agam itu dibuka langsung oleh Kabit Madrasah  Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat, Syamsul Arifin.

Acara yang berlangsung selama dua hari itu menghadirkan narasumber H.Indra Catri, (Bupati Agam), Febri dan Muhammad Ihsan dari (Media Guru).

Baca Lainnya :

Kepala Bidang Madrasyah Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat, Syamsul Arifin mengatakan bahwa kementtian Agama Sumbar saat ini sedang gencarnya membumingkan leterasi khususnya di madrasyah.

Bahkan sejak dilaunching pada bulan Desember 2019 lalu sedah tercatat sebanyak 930 judul buku yang sudah diterbitkan.

Bahkan dalam  dalam dua minggu terakhir setidaknya kementtrian Agama melalui KPPL Sumbar juga sudah melakukan 4 kali leterasi dengan peserta lebih kurang 700 orang. Pertama dilaksanakan  di Padang Panjang dengan jumlah peserta kan di Padang Panjang yang diikuti sebanyak 110 orang, Hotel Rokcy Bukittinggi 141 orang, kabupaten Padang Pariaman 125 orang dan di Agam sebanyak 250 orang.

"Hingga bulan Februari akan muncul pula buku sekutar 400 judul lagi atau 40 persen dari peserta yang sudah mengikuti leterasi kelas menulis buku tersebut," ujarnya.

Ia juga menjelaskan jumlah tenaga kependidikan negeri dan swasta  dilingkungan kementrian Agam Provinsi Sumatera Barat lebih kurang 15.512.

"Jika 60 persen saja dari jumlah tenaga kependidikan tersebut , tentu hingga akhir tahun 2020 ini akan lahir lebih kurang 7000 judul buku melalui leterasi kelas menulis buku ini," tegasnya.

Karrna itulah kita terus membumingkan leterasi ini, bahkan pihaknya juga sudah mendapatkan informasi dati kementrian Agam pusat bahwa Sumatera Barat akan dijadikan sebagai pilot projek literadi fi Indonesia.

Sementara Bupati Agam H.Indra Catri saat memberikan sambutan sekaligus menyampaikan pemaparanya dalam acara itu mengatakan bahwa menulis buku itu merupakan budaya untuk membangun sebuah peradapan, dan negara yang menggagungkan dan menjunjung tinggi literasi dan menulis buku itu adalah negara yang maju.

Sebab negara yang maju itu bukan negara yang memiliki banyak gedung dan jembatan, tapi negara yang masyarakatnya mempunyai  banyak ilmu, banyak membaca dan menulis,"ujar Indra Catri .

Bahkan Indra catri juga mencontohkan di dalam Islam juga didasar dari membaca yaitu "Iqrak" bacalah.

Menurut Indra Catri tidak perlu berfikir dengan karya karya besar dan buku buku tebal,  tapi yang terpenting dengan menulis itu dapat merobah pola pikir dan cara pandang orang lain. "Raflea itu tidak tebal tebal bukunya, tapi bisa merobah pola pikiran orang,"tegasnya.

Ia juga menambahkan satu kalinat saja dalam buku itu dapat menggetarkan dunia, namun kalau tidak diucapkan dan tidak dituliskan, jangankan menggetarkan dunia, mrnggetarkan hati saja sukit. "Begitulah pentingnya literadi ini,"tegasnya.

Ketua KPPL Agam Gusmawitri mengatakan literasi kelas menulis buku itu diikuti lebih kurang 236 orang yang tersebar di Sumatera Barat.

Menurut Gusmawitri, awalnya peserta ditergetkan hanya 150 yang hanya berasal dari guru guru di Kabupaten Agam, namun karena tingginya animo untuk mengikuti kegiatan itu dari berbagai daerah di Sumatera Barat sehingga pesertanya menjadi 236 orang.

Bahkan tidak hanya guru tapi juga ada dari kalangan pelajar dan mahasiswa berasal dari luar sunatera Barat seperti Aceh dan UMPAD.

"Kita juga menyampaikan terima kasih kepada peserta dari berbagai daerah yang telah dapat hadir dalam acara ini, serta dukungan dari kementrian Agama sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik," ujarnya. (gindo) 





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar