Tim Penilai WA 2020 Sumbar, Lakukan Visitasi dan Verifikasi Ke Sijunjung

By Administrator 25 Sep 2020, 19:09:14 WIB Sijunjung
Tim Penilai WA 2020 Sumbar, Lakukan Visitasi dan Verifikasi Ke Sijunjung

WARTA ANDALAS, SIJUNJUNG - Hari ini, Jum’at 25 September 2020, Tim Penilai Peduli Wisata Award (PWA) 2020 Sumatrea Barat, menyambangi kabupaten Sijunjung untuk melakukan Visitasi dan Verifikasi.

Rombongan PWA 2020 Sumbar itu, terdiri dari Kepala Dinas Ekonomi Kreatif Sumbar, Novrial, SE, MA.Ak yang beranggotakan Prof. Dr. Ansofino, M.Si dari STKIP PGRI Sumbar, Dra. Ernawati, M.Pd, Ph.D  dan Dr. Indang Dewata, M.Si  dari Universitas Negeri Padang, Dr. Syamsurizal, SIP,SE,MM, dari Universitas Andalas, Ian Hanafiah dari ASITA, serta Anggri Yulio, S.Kom, M.Kom, Ahli IT dari STKIP PGRI.

Kedatangan rombongan Tim itu disambut Bupati Sijunjung, Ketua DPRD, Sekda dan Kadis Parpora Kabupaten Sijunjung. Selain itu juga dihadiri OPD dari unsur Pemkab Sijunjung dan kelompok penggiat wisata serta kelompok sadar wisata.

Baca Lainnya :

Kegiatan berlangsung di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung.

Menurut Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, kegiatan ini dalam rangka mengukur progres pengembangan ekonomi wisata di Kabupaten Sijunjung selama 2 tahun, yaitu 2018 dan 2019.

“PWA merupakan kegiatan dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten/Kota, untuk menunjukan hasil yang signifikan dalam pembangunan pariwisata,” ungkapnya.

Aspek penilaian tersebut, lanjut Bupati, meliputi aspek tata pamong, aspek tentang lingkungan kepariwisataan, aspek ekonomi kepariwisataan, aspek ekonomi kreatif, aspek pemasaran pariwisata, aspek pemberdayaan masyarakat dan aspek protokol kesehatan new normal.

Dalam sambutannya, Bupati, Yuswir Arifin menyampaikan bahwa Pemkab serius dan berkomitmen untuk menjadikan Pariwisata sebagai salah satu sektor yang akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Komitmen tersebut beberapa sudah mulai nampak menjadi ikon wisata baik tingkat Sumatera Barat maupun Nasional, sebagai contoh Geopark Nasional Ranah Minang Silokek,” ujar Bupati.

Sementara itu, Ketua tim penilai, Novrial menyampaikan bahwa dari 19 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat hanya 9 Kabupaten /Kota yang masuk nominasi bagi tim penilai termasuk salah satunya adalah Kabupaten Sijunjung.

“Khusus tahun 2020 ini sangat berbeda karena penilaian akan berbasis digital,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Kadis Parpora, Afrineldi dalam eksposnya menyampaikan bahwa beberapa obyek wisata dan event wisata di Kabupaten Sijunjung sudah bertaraf internasional.

“ International world rafting yang dilaksanakan pada lokasi Geopark Ranah Minang Silokek pada tahun 2019 kemarin mendapat apresiasi luar biasa dari World Rafting Asociation,” terangnya.

Sedangkan untuk Grand Design Pariwisata ke depan, imbuh dia, sudah di tindaklanjuti ke dalam Master Plan untuk masing-masing lokasi wisata.

Setelah mengikuti ekspose, tim penilai akan melakukan visitasi ke beberapa obyek wisata yang berada di Kabupaten Sijunjung. (Puji/infopublik.sijunjung.go.id/oghy)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar