Situasi Pelantikan Imum Chiek Sederhana, Namun Khidmad dan Sukses

By Administrator 20 Mar 2020, 14:14:21 WIB Bireun
Situasi Pelantikan Imum Chiek Sederhana, Namun Khidmad dan Sukses

WARTA ANDALAS, BIREUEN  -  Plt Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani,SH,M.Si diwakili Camat Jeumpa Drs Jalaluddin,M.Si melantik /mengukuhkan Tgk Zulfikri Ben Abu Kasem TB sebagai Imum Chiek Masjid Al Mujahidin sekaligus dipeusijuk untuk mengambil sempena oleh Aboen Muhammad Cottaroem Jeumpa Kabupaten Bireuen di dalam Masjid Al Mujahidin Kamis 19 Maret 2020 malam Jumat ba’da Insya sekitar pukul 8.40 WIB.   

Prosesi pelaksanaan pengukuhan dan “ Peusijuk “ (tepungtawar) dilaksanakan di Masjid Al Mujahidin yang berlokasi di Gampong Geudong-Geudong Kec.Kota Juang Bireuen secara sederhana namun sukses dan khidmad. 

Camat Drs Jalaluddin,M.Si dalam sambutannya seusai melantik Tgk Imum Chiek tersebut meminta untuk melaksanakan tugas antara lain melakukan usaha-usaha untuk memakmurkan masjid sebagai pusat kegiatan peribadatan, membantu penyelenggara hari-hari besar Islam dan melakukan pembinaan terhadap remaja Masjid.

Baca Lainnya :

Selain itu beliau juga mengajak dan meminta kepada Tgk Imum Chiek untuk menghimpun ummat untuk berbuat baik dan meninggalkan yang tidak baik (amar makruf nahi mungkar) dan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan agama Islam.

Dalam kaitan tersebut Pak Jalal mengatakan, pihaknya yakin dengan adanya seorang Imum Chiek yang baru saja dilantik sudah mempunyai ilmu sesuai dengan psosisinya, maka eksistensi masjid akan lebih mantap di tengah-tengah kehidupan umat.

Sementara seusai dipeusijuk Aboen Cittaroem menyebut, Tgk Imum Chiek adalah sosok insan yang memiliki kemampuan memimpin salat, berkhutbah dan membina umat serta masyarakat yang berada dalam lingkungan.” Sebutnya.

Namun demikian tambah Aboen, Tgk Imum chiek tidak cukup dengan sekadar memimpin salat berjama’ah, akan tetapi lebih luas dari itu meliputi memakmurkan dan meramaikan Masjid, menjaga umat kepada amar makruf nahi mungkar, pembinaan jama’ah, pengaturan khatib, pemersatu umat, menghidupkan semangat musyawarah, pembenteng aqidah umat dan terpenting menjadi rujukan dalam masalah keislaman dan membangun solidaritas jama’ah.

“ Saya mengharapkan agar Tgk Imum Chiek memanfaatkan Masjid tidak hanya sebagai sarana ibadah, namun juga dapat dijadikan sarana pendidikan, baik yang berbasis dasar pengajian anak maupun remaja. “ Harap Aboen seraya menyebut mendidik dan membina untuk menciptakan generasi pewaris dengan menanamkan rasa kesatuan dan persatuan bangsa sehingga mereka menjadi generasi yang islami sesuai dengan tuntutan Rasulullah SAW.

Sedangkan Tgk Zulfikri dalam pidato singkatnya seusai dilantik menyebut, dirinya masih sangat muda dalam pengalaman walaupun sudah memimpin sebuah Dayah dan mengharapkan bantuan dan kerjasama yang baik dalam hal apa saja demi masalah keislaman dan membangun solidaritas jama’ah.

“ Saya butuh bantuan untuk melanjutkan usaha-usaha untuk meramaikan dan memakmurkan masjid sebagai pusat kegiatan peribadatan,” Pungkas Tgk Imum Chiek Kemukiman Geudong Kecamatan Kota Juang,Bireuen. (SA)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar