Proses Evakuasi Bus Trans Padang Hingga Malam, 8 Jadwal Kereta Api Dibatalkan

By Administrator 13 Jan 2021, 20:57:27 WIB Padang
Proses Evakuasi Bus Trans Padang Hingga Malam, 8 Jadwal Kereta Api Dibatalkan

WARTA ANDALAS, PADANG - Evakuasi Bus Trans Padang dengan kereta api yang terlibat kecelakaan siang tadi masih berlangsung hingga malam ini.

Kapala divisi (Kadiv) operasional PT. Padang Sejahtera Mandiri (PSM), Mexral menjelaskan bahwa evakuasi terkendala akibat bus terjepit antara pohon dan kereta.

"Tadi siang bus derek milik Dishub Provinsi sudah diturunkan namun mengalami kerusakan. Lalu kita terjunkan crane untuk mengangkat bus," katanya.

Baca Lainnya :

Sementara kecelakaan ini menyebabkan delapan jadwal keberangkatan penumpang dibatalkan. PT KAI Divre II Sumatra Barat (Sumbar) menyampaikan permohonan maaf kepada penumpang.  

"Kami memohon maaf atas gangguan perjalanan kereta api yang disebabkan adanya kecelakaan," kata Humas PT KAI Divre II Sumbar, Ujang Rusen Permana dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/1/2021) malam. 

"Selain itu, tujuh perjalanan Kereta Api Minangkabau Ekspres pun dibatalkan," jelasnya. 

Dia menekankan tentang pentingnya kesadaran masyarakat pengguna jalan raya dalam mematuhi aturan saat akan melintas di perlintasan sebidang. Sesuai undang-undang nomor 23 tahun 2007 pasal 124 dahulukan perjalanan kereta api. 

"Pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api," ujarnya. 

Dalam undang-undang 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angutan jalan pasal 114 menyebutkan bahwa pada perlintasan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi. 

Palang pintu kereta api sudah mulai di tutup, dan atau ada isyarat lain. Mendahulukan kereta api,  memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel.

Sementara sesuai PM 36 Tahun 2011 tentang perpotongan dan/atau persinggungan antara jalur kereta api dengan bangunan lain pada pasal 6 ayat 1 menyebutkan bahwa pada perlintasan sebidang, kereta api mendapat prioritas berlalu lintas.

"Kami senantiasa menghimbau agar masyarakat selalu berhati-hati saat akan melintas perlintasan kereta api. Berhenti sejenak, tengok kanan-kiri untuk memastikan tidak ada kereta yang melintas," tuturnya. 

Sebelumnya, peristiwa kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Proses evakuasi pun berlangsung hingga malam, lantaran bus tersangkut antara batang pohon dan gerbong kereta. 

Proses evakuasi yang sebelumnya mengunakan derek besar milik Dinas Perhubungan Sumbar, akhirnya dialihkan mengunakan crane. (Kg)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar