PLN Tanam 6.000 Pohon di Area Danau Singkarak
Di Hari Menanam Pohon Nasional

By Administrator 29 Nov 2022, 10:53:36 WIB Solok
PLN Tanam 6.000 Pohon di Area Danau Singkarak

WARTA ANDALAS, SOLOK - Dalam rangka Hari Menanam Pohon Nasional Tahun 2022 yang jatuh tepat tanggal 28 November 2022, PLN UPDK Bukittinggi melalui program Green Living Ecosystem,  memberikan 6.000 bibit pohon, Senin (28/11).

Hal itu dilakukan dalam rangka penyelamatan Danau Singkarak di Lima Nagari Salingka Danau Singkarak, yaitu Nagari Tikalak, Nagari Sumani, dan Nagari Saniangbaka untuk Kabupaten Solok.

Kemudian, juga di Nagari Guguak Malalo dan Simawang untuk Kabupaten Tanah Datar.

Baca Lainnya :


PLN UPDK Bukittinggi bekerja sama dengan Badan Pengelola Kawasan Danau Singkarak Berbasis Nagari yang dipusatkan di halaman Rumah Gadang Subarang, Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok.

Pejabat Lingkungan PT. PLN (Persero) UPDK Bukittinggi, Budi Pramadian, mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan sekitar, khususnya untuk salingka Danau Singkarak dan dalam upaya langkah nyata penurunan pemanasan global.


“Kegiatan menanam pohon ini menjadi upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam pohon dan peduli terhadap lingkungan sekitar yang nantinya akan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca sehingga dapat menurunkan pemanasan global,” ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Solok, Asnur, mengatakan kegiatan penanaman pohon ini merupakan Gerakan Menanam Pohon Indonesia Tahun 2022 sebagai upaya bersama dalam memenuhi tanggung jawab daerah sesuai Peraturan Presiden Nomor 60 tahun 2020 mengenai aksi penyelamatan danau prioritas I, yaitu danau Singkarak.


“Semoga 6.000 pohon yang diberikan dapat dipelihara hingga menjadi tanaman produktif yang nantinya diharapkan dapat memberikan nilai ekonomis untuk masyarakat, selain itu 6.000 pohon ini dapat menjadi sebagai konservasi alami dalam penyediaan air di danau sebagai alat untuk menggerakkan turbin PLTA Singkarak,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, turut hadir Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Indragiri Rokan, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, Kepala BPDAS Agam Kuantan, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Camat beserta Forkompimcam Sekitar Danau Singkarak, Walinagari danTokoh-tokoh Masyarakat Nagari Sekitar Danau Singkarak. (rel/adv)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.