Pemda Bireuen - UNIKI Tandatangani MoU Pengembangan SDM

By Administrator 12 Mar 2021, 08:43:04 WIB Bireun
Pemda Bireuen - UNIKI Tandatangani MoU Pengembangan SDM

WARTA ANDALAS, BIREUEN - Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) berlokasi di Jalan Raya Medan – Aceh kilometer 212-213 tepatnya kawasan Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen-Aceh bersilaturrahmi sekaligus temu ramah dan penandatanganan MoU bidang pengembangan SDM dan Pendidikan tinggi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen dengan UNIKI, Rabu 10 Maret 2021 kemarin. 

Dalam prosesi pelaksanaan silaturrahmi Bupati Bireuen, Dr. H. Muzzakar A. Gani, SH, M.Si, bersama Plt. Asisten I Setdakab Bireuen Zaldi, AP, S.Sos, M.S.M, Staf Ahli bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan, Ir Mukhtar, M.Si, Dandim 0111/Bireuen Kol. Inf. Zainal Abidin Rambe, S.Sos, dan Kapolres Bireuen AKBP Taufik Hidayat, SH, S.I.K, M.Si, disertai para Kepala/Unsur SKPK diterima Ketua Dewan Pembina Yayasan Kebangsaan, Dr. Amiruddin Idris, SE, M.Si, bersama Rektor UNIKI, Prof. Dr. H. Apridar, SE, M.Si, serta jajaran. 

Ketua Dewan Pembina Yayasan Kebangsaan, Amiruddin Idris, dalam amanatnya menyampaikan sejumlah pesan khusus kepada Rektor UNIKI dan Bupati Bireuen guna membangun daerah berbasis pendidikan. Mengawali dengan mendeskripsikan awal berdirinya UNIKI hingga sekarang dibangun dengan patron keislaman dan jiwa kebangsaan, hasil penggabungan beberapa sekolah tinggi, yakni STMIK Bina Bangsa (2000), STIE Kebangsaan (2008) dan STIH Kebangsaan (2016).

Baca Lainnya :

Amiruddin menyebut, saat ini mahasiswanya berjumlah 3.350 Mahasiswa dibina 96 dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komputer dan Multimedia, Fakultas Hukum dan Syariah, Fakultas Sain Pertanian dan Peternakan, dan Fakultas FKIP dan disebutkan insya Allah akan bertambah lagi dengan lahirnya Fakultas Teknik.

Amiruddin berharap keberadaan Universitas Almuslim yang sudah berkualitas dan unggul agar dapat diikuti oleh UNIKI baik di level lokal, regional, nasional maupun internasional, guna meningkatkan SDM masyarakat dari keterpurukan saat ini.

Sementara Rektor UNIKI Prof. Dr. H. Apridar, SE, M.Si menyatakan sangat bangga dengan para pdtinggi Bireuen yang sangat respon dengan pendidikan, seraya mengungkapkan bahwa sudah sangat mengenal sosok Bapak Muzzakar A. Gani, selain sebagai pejabat pemerintahan juga memiliki rekam jejak yang baik di dunia pendidikan.

Prof. Dr. H. Apridar, SE, M.Si mengatakan dengan adanya kekurangan di sejumlah sisi namun ada kelebihan di sisi lain mewakili insan kampus UNIKI dirinya menyatakan siap membantu mencari solusi atas persoalan yang dihadapi Pemkab dan Masyarakat Bireuen.

"Atas nama Civitas akademika UNIKI, saya sangat mendukung langkah Bupati Bireuen dalam menertibkan dan mengembangkan SDM aparaturnya berbasis pendidikan. Kami siap membantu mencari solusi atas persoalan yang dihadapi Pemkab Bireuen," Tegasnya.

H Afridar menyatakan bahwa pendidikan menjadi kunci penting dalam kesuksesan kehidupan. Manusia akan sukses di dunia maupun di akhirat sangat berkait erat dengan ilmu pendidikan, karena segala amal ibadah lebih Afdhal dilaksanakan dengan ilmu.

Sementara Bupati Bireuen dalam sambutan sekaligus arahannya  menyebut, sangat senang bisa menjadi bagian dari Civitas UNIKI sebab dirinya dibesarkan dan ditempa oleh Kampus.

"Saya dibesarkan dan ditempa oleh Kampus. Kala itu saya dibina Rektor Almuslim dikala itu Dr. Amiruddin Idris, SE, M.Si. Maka saya tetap menyempatkan diri untuk ikut mengajar dan membimbing Mahasiswa di sela waktu yang saya miliki, baik itu di Umuslim maupun di Program Pascasarjana UNIKI," jelasnya.

Disebutkan, dirinya tidak asing dengan Kampus Blang Bladeh sebab sebagian dari mahasiswa di Program Magister Manajemen UNIKI ini terdapat para Pejabat dan Pegawai Pemkab Bireuen. Dan Muzakkar sangat yakin, ilmu yang mereka peroleh akan memberi kontribusi nyata dalam meningkatkan tata kelola dan kinerja di instansi masing-masing.

"Saya berjanji akan membantu mengeluarkan izin belajar atau tugas belajar sesuai mekanisme kepada para pegawai ataupun ASN Pemkab Bireuen. Saya sangat yakin, ilmu yang mereka peroleh akan memberi kontribusi nyata dalam meningkatkan tata kelola Pemerintahan," tambah Muzzakar. 

Di akhir sambutannya, Bupati Bireuen berharap, momentum penandatangan MoU ini dapat semakin memperkuat komitmen baik Pemkab Bireuen maupun UNIKI untuk sama-sama terus berkarya nyata dalam memajukan daerah demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya Kabupaten Bireuen. 

"Kita harapkan kedepan pasca penandatanganan MoU semua pihak yang terikat kerjasama dapat saling melaksanakan komitmennya dengan baik bersemangatkan Ukhuwah Islamiah, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat" pungkas Bupati. (SA)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar