Pastikan Air Depot Isi Ulang Layak Dikonsumsi, Petugas Ambil Sampel Air

By Administrator 27 Jan 2021, 20:40:58 WIB Sawahlunto
Pastikan Air Depot Isi Ulang Layak Dikonsumsi, Petugas Ambil Sampel Air

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Untuk memastikan kelayakan air minum galon usi ulang yang di konsumsi masyarakat, petugas Kesehatam Lingkungan (Kesling) Puskesmas Sungai Durian Kecamtan Barangin telah mengambil sampel sejumlah Depot Air Isi Ulang yang ada di lingkup Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto.

Pengambilan Sampel air tersebut dilakukan  di 10 Depot Air Isi Ulang oleh Petugas Kesling Puskesmas Sungai Durian,  Dharmayuhelmi.

" Pengambilan sampel air telah selesai di lakukan, dan juga sudah di kirim ke Labkesda Solok. Hasilnya akan dapat di ketahui sekitar satu minggu lagi," ungkapnya, Selasa (26/1).

Baca Lainnya :

Jika nanti sampel air yang diperiksa tersebut layak untuk di konsumsi, lanjut dia,  maka akan ditempelkan stiker yang bertuliskan layak di konsumsi. Tapi jika air belum layak di konsumsi, maka pengambilan sampel airpun akan terus dilakukan sampai air tersebut layak untuk di konsumsi.

" Air yang sehat adalah air yang ecolli dan colliformnya adalah nol," terangnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Sawahlunto,  Yasril melalui Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah raga Palakhi menambahkan, untuk pengambilan sampel air minum isi ulang saat ini baru dua Puskesmas, yaitu Puskesmas Sungai Durian dan puskesmas Talawi, sementara tiga Puskesmas lainnya menyusul.

Terkait jumlah Depot isi Ulang di Kota Sawahlunto saat ini, ada sekitar 58 Depot air Isi Ulang yang pengambilan sampel airnya rutin dilakukan sebanyak 3 kali dalam satu tahun. (rf)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar