Nasrul Abit Tinjau Pos Pengawasan Covid-19 di Batas Provinsi Sumbar – Riau

By Administrator 31 Mar 2020, 22:24:19 WIB Sijunjung
Nasrul Abit Tinjau Pos Pengawasan Covid-19 di Batas Provinsi Sumbar – Riau

WARTA ANDALAS, SIJUNJUNG - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit meninjau pos pengawasan antisipasi penyebaran dan pencegahan masuknya virus corona (Covid-19) di daerah perbatasan Riau dengan Sumatera Barat atau tepatnya di Kecamatan kamang baru kabupaten Sijunjung, Selasa (31/3).

Pengawasan, peninjauan serta percepatan penanganan virus corona di daerah perbatasan untuk mencegah masuknya virus corona ke wilayah Sumbar. Wagub Nasrul Abit didampingi langsung Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Ketua DPRD Sijunjung, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Zefnihan serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan petugas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sijunjung.

"Kegiatan ini kita lakukan mengawasi semua pergerakan virus corona yang akan masuk ke Sumbar. Dengan mengawasi masyarakat kita yang dari Pekanbaru ke Sumbar melalui pintu Kabupaten Sijunjung yang berbatasan dengan kabuaten Kuansing Provinsi Riau di bawah pengawasan tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19," kata Nasrul Abit.

Baca Lainnya :

"Alhamdulillah, Kabupaten Sijunjung sudah siap semua. Mudah-mudahan dengan adanya kewaspadaan seperti ini, tidak ada corona yang masuk ke Sumbar," ucapnya.

Dibantu dengan aparat TNI, Polri, BPBD, Dinkes  sera Dinas Perhubungan dan Satpol PP dan Damkar setiap kendaraan yang melintas dari Pekanbaru, satu per satu diberhentikan. Warga dan sopir kendaraan barang yang melintas pun tak luput dicek suhu badannya dengan  menggunakan thermometer gun dan petugas yang melakukan pemeriksaan pun dilengkapi dengan masker dan sarung tangan khusus.

Sementara itu, Bupati Sijunjung H.Yuswir Arifin yang ikut mendampingi Wakil Gubernur Sumatera barat mengatakan bahwa setiap kendaraan baik roda dua maupun roda empat dari arah Provinsi Riau yang akan memasuki wilayah Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera barat dihentikan oleh petugas dan kemudian dilakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi pengendara dan penumpang kendaraan umum satu persatu. Petugas juga mencatat data warga yang melintasi perbatasan dalam formulir notifikasi yang berisi informasi alamat asal dan tujuan, serta kondisi kesehatan. Selain pemeriksaan suhu tubuh, petugas di pos perbatasan juga melakukan sosialisasi dan edukasi terkait virus Corona melalui brosur yang berisi informasi tentang gejala klinis dan cara pencegahan virus Corona yang dibagikan kepada warga.

“Saya berharap petugas yang ada di perbatasan ini bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan agar virus Corona ini tidak masuk dan menular di wilayah Kabupaten Sijunjung,” ujarnya.

Yuswir Arifin juga menuturkan, dalam beberapa hari pelaksanaan pengawasan di pos perbatasan antara Riau dan Sumbar yang terletak di kabupaten Sijunjung belum ditemukan warga yang memasuki wilayah Kabupaten SIjunjung yang terindikasi dengan gejala virus Corona  “Teknis pengawasannya kita lakukan dengan pemeriksaan suhu tubuh. Jika suhu tubuh sudah melewati 37 derajat, kita intervensi dengan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tapi alhamdulillah selama pos pengawasan ini beroperasi  kita belum menemukan warga yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat, semua normal-normal saja,” tandas Bupati. (og)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar