Masjid Lantai Batu Giok Nagan Raya Masih Tahapan Penyelesaian

By Administrator 09 Feb 2021, 20:03:51 WIB Bireun
Masjid Lantai Batu Giok Nagan Raya Masih Tahapan Penyelesaian

WARTA ANDALAS, BIREUEN - Masjid Agung Baitul A’la yang dinobatkan namanya oleh masyarakat sebagai “ Masjid Lantai Batu Giok “ di Kabupaten Nagan Raya Aceh masih belum dapat difungsikan untuk melaksanakan Shalat sebab air untuk wudhukpun belum tuntas bahkan masjid tersebut masih tertutup untuk umum.

“ Kapan ya masjid Agung yang lantainya dibuat dari batu giok dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan shalat ? .” Tanya Busnir dan Evan Saputra dari Bireuen meunju Nagan Raya melalui Simpang Balek Bener Meriah - Beutong melewati gunung Singgah Mata khusus berkunjung untuk melihat secara dekat keindahan dan keagungan Masjid yang lantainya terbuat dari Batu Giok , Selasa, 9 Pebruari 2021.

Menurut Evan Saputra bersama rombongan yang tiba di Masjid Batu Giok tersebut jelang Dhuhur dan ketika hendak ke sumur mau wudhuk dan masuk ke dalam untuk Shalat, bilal di Masjid tersebut mengatakan, “ Maaf Pak sumur belum selesai sedang dibangun jadi air untuk wudhuk belum ada dan saat ini belum bisa masuk ke dalam untuk Shalat.

Baca Lainnya :

Pun demikian karena rombongan bermaksud masuk hanya untuk melihat secara dekat di dalam masjid diizinkan untuk masuk seraya melihat dan mengambil foto untuk dokumen mereka.

Masjid Batu Giok berlantai dua yang berlokasi di Komplek Perkantoran Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya dibangun dengan konsep yang cukup unik.

Betapa tidak ! Seluruh luas lantainya dari batu giok yang dibentuk seperti marmar. Selain pada lantai, batu giok juga disemat pada tiang, bagian tertentu dinding masjid, qubah, menara dan pada sejumlah ornamen masjid lainnya sehingga hawah sejuk yang nyaman menjalar ketika telapak kaki bertumpu di lantai masjid tersebut.

Masjid Giok berpotensi menjadi pusat kebudayaan Islam, bukan hanya sebagai tempat shalat. Pusat kebudayaan itu termasuk pusat pendidikan.

Sesuai harapan berbagai pihak termasuk Gubernur Aceh Nova Iriansyah menaruh harapan agar “Masjid Giok” tidak hanya difungsikan sebagai tempat ibadah semata, melainkan dapat menjadi pusat kebudayaan Islam di Aceh, khusunya Kabupaten Nagan Raya.

Menurut Epan, keindahan Masjid Batu giok yang medrupakan “ Rumah Allah “ Kabupaten Nagan Raya luar biasa mempesona dan nyaman. Dan jika selesai nantinya Masjid Batu Giok yakni Masjid Agung Baitul A’la Kabupaten Nagan Raya sangatlah tepat jika kita berharap menjadi destinasi wisata ziarah di Aceh.

Masjid Giok yang saat ini masih dalam proses pembangunan dan belum dapat difungsikan nyaman ketika masuk ke dalamnya apalagi lantainya dingin karena terbuat dari batu giok hasil alam di Nagan Raya. Semoga Masjid Batu Giok dambaan masyarakat Aceh cepat tuntas….Amin Ya Allah. (SA)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar