Kwarcab Pramuka Kota Sawahlunto Gelar Jelajah Kota Pusaka Bersejarah Ke XII

By Administrator 28 Nov 2021, 16:20:57 WIB Sawahlunto
Kwarcab Pramuka Kota Sawahlunto Gelar Jelajah Kota Pusaka Bersejarah Ke XII

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Kwartir Cabang (kwarcab) Gerakan Pramuka 011 Kota Sawahlunto menggelar kegiatan Jelajah Kota Pusaka Bersejarah ke XII. Kegiatan yang dibuka Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti itu digelar Minggu (28/11/2021).

Ketua Panitia Jelajah Kota Pusaka Bersejarah ke XII Refjon menyatakan kegiatan ini merupakan agenda kegiatan tahunan dan kegiatan diikuti pramuka Penggalang dan Penegak kali ini sudah ke dua belas kalinya.

“Khusus tahun ini digelar dalam rangka menyambut hari jadi kota 1 Desember dan akan gugus depan penggalang dan penegak serta pramuka berkebutuhan khusus di kota ini,” kata Refjon

Baca Lainnya :

Yang membedakan tahun ini, sebut Refjon, disamping tetap menjalankan protokol kesehatan peserta yang ikut kegiatan harus menjalankan vaksinasi Covid-19 pertama dan dibatasi hanya 5 putra dan 5 putri masing – masing Gugus depan.

Lebih jauh dia menerangkan para peserta akan melintasi destinasi wisata dan beberapa objek museum serta melakukan pengamatan di setiap objek yang ada di kawasan kota lama dengan terlebih dahulu memecahkan isyarat semaphore, morse, sandi dan tanda jejak serta pertanyaan yang diberikan di tiap pos.

“Juga dilakukan aksi kebersihan di kawasan kota lama yang terdiri dari museum Goedang Ransoem, Lubang Mbah Soero dan Museum Kereta Api, Masjid Nurul Islam, Museum alat musik dan finish di Lapangan Segitiga Ombilin,” jelasnya.

Wawako yang juga Ketua Kwarcab Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti berharap kegiatan ini menjadi salahsatu upaya dalam komitmen pramuka dalam melestarikan kota warisan dunia.

“Bagi pramuka juga harus bisa menjadi duta bagi kota warisan dunia dengan mengenal dekat kawasan kota pusaka serta museum dan sejarah kota ini agar dapat dipromosikan serta dilestarikan,"  pinta Zohirin.

Dikesempatan itu Wawako mengucapkan terima kasih atas peran serta pramuka dalam pelaksanaan dan peningkatan vaksinasi Covid-19 dengan peran aktif satgas pramuka peduli dikota ini.

“Sukses kegiatan ini hendaknya seiring dengan suksesnya kwarcab kota Sawahlunto menggelar kegiatan perkemahan percontohan penerapan protokol Covid-19 tingkat Kwarda Sumbar yang digelar di Camping Ground lalu,” harap Zohirin. (tas)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar