Kuburan Massal Santri Dayah dan Teungku Burhanuddin di Beutong Ateuh, Tidak Terurus

By Administrator 03 Feb 2021, 19:51:30 WIB Bireun
Kuburan Massal Santri Dayah dan Teungku Burhanuddin di Beutong Ateuh, Tidak Terurus

WARTAANDALAS, BIREUEN - Memprihatinkan ! Kuburan massal para santri Pasantren Tgk Bantaqiah pasca terjadinya konflik Aceh yang berlokasi di depan Kantor Keuchik Gampong Blang Meurandeh Kecamatan Beutong Ateuh Banggalan Kabupaten Nagan Raya dan Kuburan sendiri Teungku Burhanuddin sosok ulama Aceh di Jalan Beutong Ateuh – Nagan Raya tidak terurus dan tampak semrautan.

Hasil pengamatan media ini di lokasi Minggu barusan ketika berwisata dengan tujuan ziarah makam Syech Abdul Rauf Al Singkili di Singkil berkesempatan mengendus kuburan massal dan kuburan sendiri Teungku Burhanuddin dan kondisinya sangat memprihatinkan tanpa ada pembersihan padahal beliau adalah sosok ulama Aceh.

Monument Tgk Burhanuddin yang dibuat para ahli waris seperti tertera tulisannya dibangun oleh Tgk Abdul Ma’ruf SE  sudah berlumut padahal baru saja kisaran dua tahun dibuatnya, konon lagi kuburan yang sudah puluhan tahun. Bedgitu juga pemakaman sudah seperti bukan makam ulama.

Baca Lainnya :

Teungku Burhanuddin lahir pada April 1948 dan wafat  23 Juli 1999 asal Seuneuam Ujung Raja Kec. Darul Makmur Kab Nagan Raya Aceh sesuai tertera tulisan di monument yang dibuat oleh ahli warisnya Tgk Abdul Ma’ruf,SE pada 12 April 2020 , dan wafat pasca terjadinya konflik Aceh di Beutong Ateuh dalam posisi sendirian mau hijrah ke Ulee Jalan.

Namun akibat mobilnya rusak beliau berjalan kaki dan setelah tiba di bawah pohon kayu besar tempat beliau dikebumikan sekarang Tgk Burhanuddin beristirahat . Persis di bawah pohon kayu yang saat ini didirikan tugu beliau wafat bersama Al Qur’an di dadanya serta kitab kitab lainnya pada 23 April 1999.

Sukirman  alias Bang Agam didampingi Busnir dan sejumlah warga yang melewati monument dan kuburan untuk membantu sumbangan dana dan istirahat, kepada media ini menyebut bahwa sangat prihatin kuburan massal para santri tidak terus dan harapannya kuburan massal dan kuburan Teungku Burhanuddin sendiri dibersihkan . (SA)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar