Ketua DPRK Bireuen: Pemkab Bireuen Evaluasi Kinerja Dirut PDAM Krueng Peusangan

By Administrator 05 Feb 2020, 21:58:09 WIB Bireun
Ketua DPRK Bireuen: Pemkab Bireuen Evaluasi Kinerja Dirut PDAM Krueng Peusangan

WARTA ANDALAS, BIREUEN - Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, S.Sos mengatakan bahwa masyarakat hampir setiap harinya menemuinya melakukan curhat bobroknya pelayanan dari pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Krueng Peusangan Kabupaten Bireuen. 

Terkait dengan hal tersebut Ketua DPRK Bireuen, alias Ceulangik meminta Pemkab Bireuen mengevaluasi kinerja pihak PDAM Krueng Peusangan  termasuk Dirutnya. “ Menurut saya, Dirut PDAM Krueng Peusangan sudah layak diganti, sebab sudah puluhan tahun menjadi Direktur Utama.” Ungkap Ketua DPRK Bireuen Sabtu barusan .

Rusyidi Mukhtar menkelaskan bahwa, ada beberapa desa di Bireuen yang menggunakan dana desa untuk membangun pipa jaringan air bersih ke desa mereka,namun berbagai dalih pihak PDAM Krueng Peusangan tidak mau menyakutinya untuk mengairi air bersih ke rumah-rumah warga.

Baca Lainnya :

Nah selain kurang eloknya pelayanan kepada masyarakat, laporan keuangan atau laporan kinerja perusahaan daerah itu juga tidak pernah dilaporkan kepada eksekutif maupun legislatif.

“Saya juga minta komisi terkait di DPRK agar mengawasi kinerja PDAM padahal  PDAM Krueng Peusangan milik pemerintah kabupaten. Tatetapi pihak eksekutif tidak pernah mengevaluasi kinerja perusahaan tersebut,” tanyanya.

“Berdasarkan informasi dan hasil penelusuran, harga pemasangan kilometer baru PDAM di luar Bireuen, hanya dibawah Rp 1 juta. Sementara pemasangan kilometer baru PDAM Krueng Peusangan Bireuen di atas Rp 1 juta,” sebut Ceulangiek. 

Sementara Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Krueng Peusangan, Isfadli  SE kepada wartawan Sabtu (1/2) terkait dengan keluhan masyarakat dan pernyataan Ketua DPRK Bireuen Rusyidi Mukhtar menyebutkan, menurut dirinya mereka ( pihak PDAM) sudah bekerja maksimal dalam mengelola perusahaan tersebut.

Dan menyangkut dengan disebutkan oleh Ketua DPRK pihaknya tidak ada laporan keuangan atau laporan kinerja perusahaan daerah tidak pernah dilaporkan kepada eksekutif itu suatu pernyataan yang keliru dan tidak benar serta mis komunikasi.

Isfadli menyebut, selama ini laporan keuangan atau laporan kinerja PDAM Krueng Peusangan tetap diserahkan kepada Pemkab Bireuen, kecuali ke legislatif memang belum pernah dilaporkan, sebab kewajiban pihaknya hanya melaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) dan Pemkab Bireuen dan tidak ke legislatif. Dikatakannya, laporan tersebut selalu diserahkan kepada Dewas dan Pemkab Bireuen dibagian keuangan dan tak pernah bermasalah.

“Alhamdulillah, sampai saat ini, kita sudah mandiri tanpa subsidi dari Pemkab Bireuen,” ujarnya seraya mengulangi pernyataannya bahwa pihaknya tidak menyerahkan laporan ke dewan atau komisi terkait karena memang tak pernah dipanggil sekalipun oleh dewan untuk dimintai laporan terkait pengeloaan PDAM Krueng Peusangan.

“ Kami siap jika memang nantinya dimintai laporan oleh dewan atau komisi terkait. Saya pun  siap jika memang mau diganti, semua itu keputusan pimpinan. Namun sejauh ini, kita sudah bekerja maksimal dan memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan,” katanya.

Isfadli juga menjelaskan ada beberapa desa di Bireuen yang menggunakan Dana Desa untuk membangun jaringan air bersih ke desa mereka, pihaknya siap untuk membantu, namun terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan PDAM Bireuen.

Bila tidak ada koordinasai dikhawatirkan bila menyuplai air ke rumah-rumah warga jaringan pipa yang sudah ditanam ada yang tidak sesuai ukurannya serta dangkal perlu diperbaiki.

Dijelaskan, pipa air bersih PDAM itu terkoneksi atau bersambung antar desa, maka jika tidak ada koordinasi dengan pihaknya bisa saja desa yang sebelumnya sudah terkoneksi dengan PDAM Krueng Peusangan akan kekurangan air bersih jika proses penyambungan dengan desa lain tak sesuai teknisnya.

“Saya tegaskan bahwa pihaknya bukan tidak mau, tetapi koordinasilah terlebih dahulu dengan PDAM karena kita yang lebih paham teknisnya,” Pungkas Isfadli (sa)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar