Kajari Tetapkan Mantan Direktur BUMDes Muarakalaban Tersangka Korupsi

By Administrator 30 Nov 2021, 20:55:46 WIB Sawahlunto
Kajari Tetapkan Mantan Direktur BUMDes Muarakalaban Tersangka Korupsi

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO Setelah melalui proses panjang, akhirnya  Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Sawahlunto menetapkan dan menahan ISP (56), mantan Direktur BUMDes Muarakalaban Kecamatan Silungkang, menjadi tersangka dugaan korupsi.

Hal itu terungkap dalam gelaran jumpa Pers di gedung Kejaksaan Negeri setempat, Selasa (30/11/2021) sore.

Kejari Sawahlunto Abdul Mubin menyatakan telahdilakukan penyidikan terhadap dana penyertaan modal APBDes Muarakalaban kepada BUMDEs Muarakalaban tahun anggaran 2017 -  2018, terhadap saksi Direktur BUMDes dan melakukan pendalaman sehingga statusnya sebagai saksi ditingkatkan menjadi tersangka.

Baca Lainnya :

“Tersangka ISP selaku mantan Direktur BUMDes Muaro Kalaban diduga telah melakukan tindak pidana korupsi terkait pengelolaan dana penyertaan modal yang bersumber dari Dana APBDes Muara Kalaban tahun anggaran 2017 -  2018,” terang Abdul Mubin.

Karena sudah berstatus tersangka, imbuh Kajari, untuk mempermudah pemeriksaan terhadap tersangka ISP dan penahanan dilakukan selama dua puluh hari kedepan terhitung hari ini.

“Untuk memenuhi hak - hak daripada tersangka, Kejari punya kewajiban menunjuk penasehat hukum tersangka. Dan dalam hal ini, telah ditunjuk penasehat hukum dari kantor pengacara Andrio An,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Pidana Khusus Kejari Sawahlunto, Andiko menambahkan bahwa tersangka ISP dalam pengelolaan penyertaan modal, dimana dana yang seharusnya untuk penyertaan modal, namun karena kewenangannya dipergunakan untuk gaji.

“Tindakan ISP ini bertentangan dengan AD/ART berdasarkan Permendesa PDTT Nomor 4 Tahun 2015. Dan memenuhi unsur penyalahgunaan wewenang  atau kewenangan dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau  orang lain, yang berdasarkan hasil audit Inspektorat Kota Sawahlunto mengakibatkan negara dirugikan sebesar Rp221.869.082.92,“ paoar Andiko.

Tersangka ISP mantan Direktur BUMDes Muarakalaban diangkut mobil tahanan menuju Rumah Tahanan Kelas II B Sawahlunto, yang sebelumnya telah hasil rapit antigen Covid-19 dinyatakan negatif. (ce)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar