Dr. Mukhtar Mars Harapkan Program Pembangunan Fokus Pada Realisasi Kebutuhan Masyarakat

By Administrator 25 Feb 2021, 08:39:03 WIB Bireun
Dr. Mukhtar Mars Harapkan Program Pembangunan Fokus Pada Realisasi Kebutuhan Masyarakat

WARTAANDALAS, BIREUEN Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang) 2022 Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen Aceh yang dilaksanakan di Kantor Camat Kuala berlokasi di Cotbatee Jalan Bireuen-Lancok, Selasa 23 Pebruari 2021 walaupun beragam pendapat akhirnya mencapai suatu titik temu yang sukses dan tampak eksis melaksanakan protocol kesehatan (Prokes) dengan melaksanakan 3 M.

Musrenbang Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen,Aceh yang dibuka Staf Ahli Bupati Bireuen bidang Sumberdaya Manusia (SDM) dr Mukhtar MARS dihadiri juga anggota DPRK Bireuen, Dapil I Kota Juang Kuala dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Drs Abdullah Amin,MM, Tgk Amryadi, Zulfikar, dan Usman dan juga Ketua Bappeda Kabupaten Bireuen.

Selain itu hadir juga Forkopimcam Kuala, Kepala Mukim , sejumlah Kepala Dinas (SKPK) , Kepala RSUD Bireuen, dr Amir Addani,M.Kes , para Keuchik dan Peutuha Peut dalam wilayah Kecamatan Kuala meliputi 23 Gampong serta Ibu-Ibu PKK Kecamatan Kuala dan sejumlah perwakilan dari berbagai isntasi terkait lainnya. 

Baca Lainnya :

dr Mukhtar MARS dalam sambutannya pada pembukaan Musrenbang Kec.Kuala mengharapkan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan ini harus mempedomani pada Musrenbangdes dan Pra Musrenbang sehingga terciptanya sinergitas dan sinkronisasi pembangunan ke depan.                                                                  

Musrenbang yang dilaksanakan ini dimaksudkan sebagai forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang mengakomodasi peran-peran segenap komponen masyarakat, sebagai media koordinasi, komunikasi dan konsultasi program pembangunan dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat secara nyata.

Dalam kaitan tersebut tambah dr Mukhtar MARS yang menjadi tujuannya adalah membahas, menilai dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan sesuai dengan Rencana Kerja Satuan Kerja Pemerintah Kabupaten yang telah dikompilasi dengan hasil musrenbang sebelumnya namun buka hanya pembangunan fisik akan tetapi juga perhatikan pembangungan spritual.

Dijelaskan dalam prosesi Musrenbangdes dan Pra Musrenbang sebelumnya tentunya sudah menghasilkan konsesus, komitmen, kesepakatan dan kemitraan antara pemerintah dengan pelaku pembangunan, mewujudkan kualitas perencanaan pembangunan dengan lebih meningkatkan kemampuan mengakomodir aspirasi masyarakat, memberdayakan masyarakat dan memberdayakan sumber daya lokal sekaligus mengembangkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga terlaksana percepatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkuantitas di dalam masyarakat.

Sementarta Camat Kuala Musni Syahputra S.IP, M.Ec.Dev, dalam laporannya menyebut, Musrenbang diadakan untuk menjaring keinginan masyarakat gampong dalam Kecamatan Kuala pihak kecamatan bersama keuchik gampong, Perangkat Gampong dan unsur lainnya telah melaksanakan pra musrenbang beberapa waktu lalu.

Musni menyebutkan, untuk menentukan program prioritas pembangunan tahun 2022, pihak Desa telah melakukan Musrenbang Desa, dan dilanjutkan dengan Pra Musrenbang Kecamatan dan hasilnya dari sejumlah usulan masuk dalam aplimasi e-Musrenbang.

Camat Kuala ini mengharapkan usulan-usulan program dan kegiatan pembangunan yang disampaikan masyarakat dalam musrenbang hari ini terutama pembangunan yang masuk dalam skala prioritas, seperti pembukaan jalan penghubung Lancok-Lancok menuju Kuala Raja, kiranya dapat diakomodir Pemerintah Kabupaten Bireuen karena memang butuh transportasi anak sekolah dan masyarakat  , Insfrastruktur lainnya dari 23 Desa dalam wilayah Kecamatan Kuala dan saluran besar Kareung ke Kuala.

Sementara itu, Anggota DPRK Bireuen Abdullah Amin mengatakan anggota DPRK Bireuen Dapil Kota Juang, Kuala siap memperjuangkan aspirasi masyarakat Kuala untuk sejumlah program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Bireuen di Kecamatan Kuala.

Selain itu Drs Abdullah Amin,MM berharap dari sejumlah program – progam yang diusulkan Kecamatan Kuala minimal adanya perhatian dua pertiga di antaranya dapat direalisasikan oleh Pemkab Bireuen nantinya.

Dalam kaitan Idris Bendeh Kepala Mukim Kareng mengharapkan sangat usulan warga Kecamatan Kuala untuk memprioritaskan pembangunan jalan Lancok Lancok ke Kuala Raja pada tahun 2022 benar-benar terwujud sebab pembukaan jalan tersebut sudah diusulkan beberapa tahun lalu dan selalu dimasukkan ke dalam usulan skala prioritas namun belum direalisasikan. (SA)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar