DPRD Kab. Solok Izinkan Baznas Gunakan Dana Zakat Untuk Operasional

By Administrator 30 Jan 2020, 09:26:36 WIB Warta Daerah
DPRD Kab. Solok Izinkan Baznas Gunakan Dana Zakat Untuk Operasional

WARTA ANDALAS, SOLOK - DPRD Kab. Solok izinkan Baznas Kab. Solok menggunakan dana zakat yang dikumpulkan, sebesar 2,5%,  untuk biaya operasional. Diperbolehkannya penggunaan dana zakat ini digunakan untuk operasional setelah melalui dengar pendapat dengan DPRD Kab. Solok, Selasa (28/01/2020), diruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Solok, di Arosuka.

Drs. El Yunus, SH, McKn, anggota Baznas Kab. Solok, Rabu (29/01/2020), pada wartaandalas.com mengungkapkan selama ini Baznas Kab. Solok dalam bekerja tanpa dana operasional. Sementara, dana zakat yang dikelola setiap tahun mencapai 6,8 Milyar lebih. Dan masyarakat yang dibantu dengan dana Baznas tersebar dibeberapa wilayah Kab. Solok yang luas dengan latar belakang berbeda.

H. Sukardi Ketua Baznas menyebutkan saat ini telah dibentuk satgas pengelola zakat (UPZ) yang tugas pokoknya mengumpulkan zakat dari masyarakat. 

Baca Lainnya :

"Pengelolaan zakat di Kab. Solok masih tertinggal dari daerah lainnya. Potensi zakat di Kab. Solok, jika dikelola dengan baik mencapai 25 milyar. Tapi saat ini Baznas belum bisa mencapai target tersebut.  Pada tahun 2019 terkumpul dana zakat sebanyak Rp. 6,8 M" Ujar Sukardi.

Saat ini sudah enam puluh dua Unit Pengelola Zakat dibentuk di enam puluh dua nagari, tetapi hanya 20 UPZ yang aktif dalam memungut zakat. Selain itu Pemprof Sumbar meminta Baznas Kab. Solok untuk memungut zakat guru SLTA/SMK/MAN.

Kemudian, DPRD Kab. Solok bersedia membantu Baznas dalam mengelola zakat agar tercapai target maksimal termasuk biaya operasional. Gaji anggota DPRD Kab. Solok akan dipotong dan zakatnya diserahkan ke Baznas. (zul)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar