Desa Selabaya Juara Posko Covid-19 dan Jogo Tonggo

By Administrator 15 Okt 2021, 17:29:11 WIB Purbalingga
Desa Selabaya Juara Posko Covid-19 dan Jogo Tonggo

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Desa Selabaya Kecamatan Kalimanah ditetapkan sebagai juara pertama Pemilihan Posko Desa Tanggap Covid-19 dan Satgas Jogo Tonggo Terbaik tingkat Kabupaten Purbalingga. Atas prestasi itu, Pemkab Purbalingga melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) memberikan apresiasi hadiah berupa Piala dan Uang pembinaan.

“Desa kami sebelumnya mewakili Kecamatan Kalimanah. Alhamdulillah setelah disurvei dan dinilai oleh tim dari Dinpermasdes kami dinyatakan menjadi terbaik. Dan hari ini mendapat hadiah langsung dari Ibu Bupati dan Forkopimda,” ujar Kepala Desa Selabaya Sukarman, Kamis (14/10).

Penyerahan hadiah dan penghargaan dilakukan bersamaan dengan acara penutupan TMMD Sengkuyung tahap III di Pendapa Dipokusumo. Sebagai terbaik pertama, Desa Selabaya mendapat hadiah uang pembinaan Rp 2,5 juta, Terbaik kedua Desa Pangempon Kecamatan Kejobong Rp 2 juta, Terbaik III Desa Makam Kecamatan Rembang Rp 1.750.000. Sedangkan juara harapan satu sampai dengan tiga adalah Desa Karangcengis (Bukateja) Rp 1.500.000, Karangklesem (Kutasari) Rp 1.250.000 dan Pagerandong (Mrebet) Rp 1 juta.

Baca Lainnya :

Dikatakan Sukarman, Selama pandemi covid-19 khususnya sejak 22 Juni hingga 26 Agustus total kasus konfirmasi covid-19 di Desa Selabaya sebanyak 160 orang. Rincianya, 2 orang dirawat, 8 orang isolasi mandiri dan 7 orang meninggal dunia. Dari total konfirmasi ada sebanyak 143 orang yang lulus karantina. Selain posko desa, lanjut Sukarman dari 7 RW yang ada seluruhnya memiliki satgas jogo tonggo.

“Pemdes mendukung pengalokasian 8% anggaran Dana Desa untuk penanganan Covid-19 sekira Rp 76,9 juta. Pemanfaatanya antara lain untuk penyediaan APD, bantuan sembako kepada warga yang isoman, penyemprotan desinfektan dan operasional lainnya,” jelasnya.

Diakui Kades, pihaknya sangat terbantu oleh tim relawan Selabaya yang selama ini siaga. Juga ikut mengurus warga yang isoman, Termasuk mengawasi warga yang hajatan.

Usai menyerahkan penghargaan, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi bersama Satgas tingkat kabupaten menyampaikan selamat kepada desa-desa yang menjadi terbaik. Meski bukan juara yang dicari, namun berkat kebersamaan dan kesadaran masyarakat terhadap penanganan covid-19, maka saat ini kasus covid di kabupaten Purbalingga sudah menjadi semakin baik.

“Kami menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para kader di wilayah yang telah bekerja keras dan bersinergi menangani pandemi ini. Kita masih belum pulih. Masih dibutuhkan kewaspadaan agar pandemi covid-19 benar-benar selesai,” katanya.

Bupati juga mengingatkan para kepala desa dan seluruh stakeholder untuk terus bekerja berdisiplin menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan masyarakat. Bupati juga meminta kepala desa beserta jajaranya untuk mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi sehingga segera dicapai kondisi herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus covid-19.

Selain itu, pada saat yang sama juga diserahkan penghargaan lomba Evaluasi Perkembangan Desa tingkat Kabupaten Purbalingga 2021. Juara I diraih Desa Karangjambu Kecamatan Karangjambu mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan Rp 11,5 juta. Kemudian juara II Desa Karangasem Kecamatan Kertanegara Rp 9 juta dan Desa Karangjengkol Kecamatan Kutasari sebagai juara III mendapat piala, piagam dan uang pembinaan Rp 7 juta. (Hr/hms)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar