Buka TMMD, Kasdam: Ini Wujud Menjaga Keutuhan NKRI

By Administrator 27 Jul 2022, 19:00:55 WIB Lintas Provinsi
Buka TMMD, Kasdam: Ini Wujud Menjaga Keutuhan NKRI

WARTA ANDALAS, BANDUNG - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 114 TA. 2022 yang mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” hari ini Selasa (26/07/2022) di 4 Kabupaten Jawa Barat yang merupakan daerah teritorial jajaran Kodam III/Slw secara serentak resmi dibuka. Acara peresmian pembukaan TMMD dipimpin langsung oleh Bupati masing-masing Kabupaten.

Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto membenarkan adanya pembukaan TMMD ke – 144 tersebut kepada awak media di Media Center Kodam III/Slw Jl. Aceh No. 69, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/7/2022) 

“Kegiatan TMMD ke - 114 di tahun 2022, dilaksanakan di wilayah teritorial Kodim 0608/Cianjur, Kodim 0611/Garut, Kodim 0620/Kab. Cirebon, dan Kodim 0603/Lebak yang dibuka secara serentak pada hari ini oleh Bupati masing-masing Kabupaten,“ tuturnya.

Baca Lainnya :

Kegiatan TMMD ini, sambung Kapendam,  merupakan upaya dalam membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam konteks “Pembangunan” demi merealisasikan peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta dalam pelaksanaan TMMD ini selain meningkatkan wawasan masyarakat juga merupakan salah satu bentuk implementasi perihal menjaga keutuhan NKRI.

“Dalam pelaksanaannya TMMD melibatkan berbagai unsur, seperti Polri, Pemda, dan masyarakat sekitar yang dilakukan secara terarah dan berkesinambungan, sehingga efisiensi dalam pelaksanaannya baik tenaga maupun biaya sesuai dengan apa yang telah direncanakan,” jelasnya.

Sementara itu, sasaran kegiatan fisik TMMD ke - 114 di empat wilayah Kodim jajaran Kodam III/Slw berupa pembangunan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan masyarakat di masing - masing wilayah, lain hal kegiatan non  fisik akan dilaksanakan kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan bahaya stunting pada anak, protokol kesehatan, pembagian Sembako, posyandu, pengobatan massal, KB kesehatan, juga donor darah.

Dikatakan Kapendam, acara pembukaan TMMD di Kabupaten Garut yang berlokasi di Desa Ciwangi Kecamatan Balubur Limbangan Kabupaten Garut dihadiri Kepala Staf Kodam (Kasdam) III/Slw Brigjen TNI Asep Syarifudin. Kasdam III/Slw beserta rombongan tiba di lokasi Pembukaan TMMD Ke-114 di Ds Ciwangi Kec. Bl. Limbangan Garut, disambut Kasrem 062/Tn, Dandim 0611/Garut beserta Forkopimda.

Kegiatan diawali paparan Dandim 0611/Garut Letkol Czi Dhanisworo.S.Sos, menyampaikan laporan kesiapan pelaksanaan kegiatan TMMD terpusat ke-114 Tahun 2022 di Desa Ciwangi Kec. Bl. Limbangan wilayah Kodim 0611/Garut. Inti paparan yaitu, penyampaian sasaran fisik dan sasaran non fisik.

Sasaran fisik itu sendiri meliputi sasaran pokok dan sasaran tambahan. Sasaran pokok berupa pekerjaan jalan Lapen Pj. 3.265 m x Lb 2,5 m x Tb.0.05 m, pekerjaan gorong-gorong Pj. 7 m x T.100 m, pembuatan gorong-gorong Pj. 5 m x T.0.50 cm, pembuatan TPT Pj 70 m x T. 100 Cm, pembuatan TPT Pj. 70 m x T. 2,5 m s.d 1.5 m. Sementara sasaran tambahan, yaitu pembuatan Posyandu dengan ukuran 6 m x 4 m dan Pos Kamling ukuran 4 m x 2 m.

Seusai acara paparan Dandim  0611/Garut, dilanjutkan upacara pembukaan TMMD dengan Irup Bupati Garut H. Rudy Gunawan, S.H., M.H., MP., kemudian penyerahan peralatan TMMD kepada TNI dan masyarakat, serta penandatanganan berita acara serah terima pekerjaan TMMD.

Di akhir acara Kasdam III/Slw beserta rombongan meninjau lokasi kegiatan Pembangunan Fisik TMMD di Ds. Ciwangi Kec.Balubur Limbangan, Ds. Cigawir Kec. Selaawi Kab. Garut.(Pendam III/Siliwangi).





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar