50 Kota

Yos Sariadi, Canangkan Nagari Berbasis IT

Warta Andalas | Kamis, 13 Februari 2014 - 19:54:36 WIB | dibaca: 1247 pembaca

WARTA ANDALAS, LIMAPULUH KOTA -  Kemajuan iptek yang sangat pesat sekarang ini harus dapat menjangkau masyarakat sampai pelosok negeri.Untuk itu salah seorang tokoh masyarakat nagari Mungka berusaha agar masyarakat daerahnya tidak ketinggalan dalam hal ini. Untuk memperkenalkan dunia  teknologi kepada masyarakat luas, apalagi kepada masyarakat yang tinggal jauh dari pusat keramaian bahkan di balik perbukitan, seperti di Jorong Labuah Lintang, Nagari Sungai Antuan, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota.

Berbagai upaya dan cara dilakukan Yos Sariadi untuk membuat masyarakat setempat lebih pintar. “IT saat ini terus berkembang, sedangkan masyarakat kita yang selama ini masih buta tentang infomasi dan ternologi. Untuk itu, kita berniat mengajak masyarakat, untuk lebih maju,” kata Yos Sariadi.

Yos Sariadi sekaligus pemilik Radio Safasindo FM itu mengakui, diera serba maju saat ini, hanya ingin mengajak masyarakat dalam pemanfaatan  teknologi tepat guna. Yakni, salah satunya dengan membuka akses internet seluas-luasnya terhadap masyarakat setempat.

Bekerja sama dengan Menkominfo serta konsultan PT Inakko Internasional Konsulindo, Yos Sariadi mampu menghadirkan internet secara gratis di daerah tersebut. Dengan didukung Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLINK) serta berbekal 6 unit komputer  yang diperoleh dari Gubernur Sumbar dari dana hibah  pada 2013 lalu. Saat ini, masyarakat sudah merasa terbantu  dengan kehadiran internet di Nagari Sungai Antuan tersebut.

 “Saat ini, internet yang kami kelola tak ubah dengan sebuah warnet. Kalau diwarnet mereka bisa akses situs bebas dan harus bayar. Tetapi yang kita kelola ini, seluruh akses yang membahayakan terhadap masyarakat , seperti situs porno dan perjudian online kita blokir,”tutur Yos Sariadi yang juga anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota.

Kehadiran internet ke tengah-tengah masyarakat itu, ujarnya, salah satu bentuk dalam pencerdasan terhadap masyarakat, terutama dalam dunia ternologi. Dengan memanfaatkan sedikit ruangan dari areal tennis indoor dikawasan itu serta  dibantu oleh seorang pemadu yang setia menemani masyarakat untuk akses internet  gratis, mereka diajari tentang kegunaan internet. Terutama dalam bentuk informasi yang menguntungkan.

Seperti dalam pembuatan blog untuk promosi usaha masyarakat serta mencari tahu berbagai hal yang dibutuhkan masyarakat sebagai referensi ataupun pembelajaran lainnya bagi masyarakat.

“Dengan fasilitas seperti ini,masyarakat hendaknya bisa mengembangkan berbagai usaha lewat internet ini. Apalagi Mungka merupakan daerah produksi telur di Sumbar ini. Dengan hal itu, otomatis nantinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,”katanya politisi PKS itu.

Untuk mendukung hal tersebut, Yos Sariadi juga mendatangkan PT Inakko Internasional Konsulindo untuk melatih masyarakat dalam pemanfaatan internet yang tepat guna. Yakni DR Yuliana dan Khairi Budayawan sekaligus dosen Universitas Negeri Padang.

“Kita juga mengadakan pelatihan dalam pemanfaatan internet tepat guna bagi masyarakat yang diselenggarakan hari ini. Kita  mengundang seluruh lapisan masyarakat, terutama siswa, ibu rumah tangga, pemuda, guru, orang tua, dan masyarakat tani. Dengan pelatihan tersebut, mereka hendaknya lebih faham dengan penggunaan internet ditengah-tengah masyarakat,”katanya lagi.

Tak hanya itu saja, Yos Sariadi juga telah membangunan tower mini setinggi hampir 20 meter. Tower tersebut digunakan untuk memperluas akses internet ketengah-tengah masyarakat. Didukung perangkat wifi, seluruh masyarakat setempat sudah terdapat jaringan internet yang dapat diakses secara gratis.

“Untuk jaringan internet sudah kita fasilitasi, bagi masyarakat yang memiliki penghubung ke internet, seperti laptop. Dengan memblokir seluruh website berbau negatif, mereka sudah bisa untuk akses internet secara gratis dari rumah masing-masing. Tanpa disadari, dengan demikian sudah  tercipta  internet sehat, aman dan menguntungkan bagi masyarakat,” imbuhnya.

Sedangkan DR Yuliana dari PT Inakko Internasional Konsulindo mengapresiasi langkah Yos Sariadi yang juga pengusaha telur itu. “Dari 9 pengelola internet masyarakat yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, tetapi yang satu ini masih bertahan dan mampu mengajak masyarakat dalam kemajuan teknologi,”katanya. (zal)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)