Solok

Wujudkan Kab. Solok Sehat, Kembangkan Sapi Perah di Sirukam

Warta Andalas | Selasa, 10 April 2018 - 14:15:05 WIB | dibaca: 113 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - Untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan berkualitas, selain pendidikan sebagai faktor utama, makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat Kabupaten Solok sangat menentukan. Sehat dan pintar sangat identik dengan nutrisi serta gizi yang menjadi asupan masyarakat terutama sekali asupan untuk generasi muda serta ibu-ibu hamil. Sehingga yang lahir dari rahim seorang ibu adalah bayi dan anak-anak yang sehat dan cerdas karena diberi makanan dan minuman berkualitas, bergizi, ditunjang dengan pendidikan yang berkualitas. 

Untuk mewujudkan ini, tentu perlu dukungan pemerintah Kabupaten Solok dalam menyediakan makanan dan minuman yang mengandung gizi dan protein tinggi. Diantaranya dengan pembangunan lokasi pengembangan dan pembibitan sapi perah. Dimana dengan adanya pengembangan dan pengolahan sapi perah sehingga menghasilkan susu yang berkualitas, yang layak dikonsumsi oleh masyarakat Kab. Solok dan sekitarnya. 

Perdana, Ir. M. Topan Eka Putra, M.Si, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Solok, didampingi investor asal Bukittinggi, Budi dan mengungkapkan dalam tahun ini akan dibangun lokasi pengembangan dan pengolahan sapi perah didaerah Sirukam Kec. Payung Sekaki, samping SMAN 1. Nilai investasi diperkirakan mencapai angka sepuluh milyar dan menyerap tenaga kerja sekitar dua ratus orang untuk awal. Disini, akan dikembangkan sebanyak 200 ekor sapi perah yang bakal didatangkan dari negara penghasil sapi perah, seperti Australia dan Switzerland.

Selain sapi perah inti, kata Topan, masyarakat sekitar akan diberdayakan dengan sistem plasma. Masyarakat akan dididik untuk menjadi peternak pengembangan sapi perah dan mendapatkan pelatihan secara simultan dari investor bersangkutan. Hasil susu sapi perah masyarakat ini nantinya akan dijual kepada perusahaan pengembangan dan pengolahan susu sapi perah. Pemasaranya diutamakan di Solok dan sekitarnya.

Ir. Admaizon, Kadis Pertanian Kabupaten Solok mengatakan dibangunnya perusahaan pengembangan dan pengolahan sapi perah di Sirukam merupakan batu loncatan bagi Kab. Solok demi terwujudnya Kab. Solok sehat dan berkualitas. Disini akan diolah susu yang berkualitas dan merupakan sentra pengolahan susu perdana di Kab. Solok. Seperti apa pengembangan dan pengolahannya akan kita lihat nanti.(zfk)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)