Purbalingga

Warga Karanggambas Berkomitmen Gencarkan Gerbus

Warta Andalas | Minggu, 20 Januari 2019 - 16:34:29 WIB | dibaca: 127 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Warga Desa Karanggambas Kecamatan Padamara khususnya kalangan ibu-ibu menggencarkan gerakan pola hidup sehat yang disebut dengan Gerbus atau Gerakan Ibu-Ibu Sehat di Lapangan Badminton, RT 01/03 Desa Karanggambas, Minggu (20/1). Ketua Pembina Gerbus Wiwik Priyatin SPd SKp Ners menyampaikan, Gerbus ini bagian dari upaya mendukung program pemerintah, yakni Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

“Gerbus lahir sebagai wadah untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Gerbus lahir untuk mesiasati pola penyakit dari penyakit menular ke penyakit tidak menular, diantaranya diabetes militus, kencing manis, stroke, penyakit jantung dan Hipertensi,” katanya.

Salah satu kegiatan Gerbus adalah olah raga yaitu senam dilaksanakan setiap hari minggu, dengan tujuan untuk mencegah berbagai penyakit di atas. Gerbus diikuti cukup banyak peserta ibu-ibu setempat kurang lebih 100 orang.

Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM menyambut baik Gerbus sebagai suatu inovasi tersendiri agar masyarakat mampu meningkatkan derajat kesehatannya. ia berharap pesan-pesan Germas juga turut digaungkan dalam gerakan ini.

“Sebab seiring dengan perkembangan zaman karena gaya hidup masyarakat ternyata berkembang penyakit tidak menular tapi mematikan atau ada transisi epidemiologi. Jadi banyak orang yang tadinya sehat bugar kemudian mendadak meninggal karena penyakit yang telah disebutkan tadi,” katanya.

Penyakit tersebut bisa dicegah dengan melakukan 4 hal. Diantaranya rajin konsumsi buah dan sayur sebagai sumber vitamin dan mineral serat yang tinggi. Olah raga secara teratur harus rutin diselenggarakan. Harus rajin cek kesehatan baik di Posbindu, Puskesmas atau kesehatan agar ada deteksi dini dan penanganan dini penyakit.

“Jangan lupa istirahat teratur, dan tambahan bagi saya yaitu mengurangi merokok. Gerbus selain untuk meningkatkan derajat kesehatan juga selaras program pemerintah untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga,” katanya.

Ia berharap Gerbus ini bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa yang lain untuk menggiatkan hal yang sama. Pada acara peresmian Gerbus ini dilakukan pengukuhan pengurus Gerbus Karanggambas, senam bersama, aneka penampilan musik dan tarian tradisional, pesta jajanan, khitanan masal, pameran produk daur ulang dan konsultasi kesehatan. (Gn/Humas)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)