Agam

Wakil Bupati Agam: Keberhasilan Organisasi Ditentukan dari Seorang Pemimpin

Warta Andalas | Selasa, 15 Mei 2018 - 20:55:34 WIB | dibaca: 104 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria menilai, kepemimpinan yang baik akan membuahkan hasil yang baik dengan berdasarkan tugas dan fungsi seorang pemimpin dalam suatu organisasi. Sebaliknya, apabila gaya kepemimpin dari seorang pemimpin dinilai kurang baik maka akan memberikan dampak yang kurang baik juga.

Demikian disampaikannya di hadapan puluhan pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkab Agam, saat diundang sebagai pembicara tentang leadership by heart (kepemimpinan dengan hati), di aula SMAN 2 Lubuk Basung, Selasa (15/5). 

Hadir pada kesempatan itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Agam, Fauzir, pejabat eselon III di lingkungan Pemkab Agam.

Wabup diiundang sebagai pemateri dalam rangka mengevaluasi kinerja pegawai di lingkungan Pemkab Agam, terkait disiplin dan integritas kerja.

Dalam paparannya, Ia mengajak para pegawai untuk merubah mindsite atau cara pola berpikir dari mikro menjadi skala makro. Karena, seorang pemimpin itu harus berada jauh di depan. Bahkan, dia sudah melakukan, sebelum orang lain memikirkan.

"Tidak hanya berada di depan dengan memegang tongkat kekuasaan, tapi dia ikut andil langsung menggerakkan dan mengajak followernya untuk melakukan sebuah perubahan," ujar mantan dosen Unand itu.

Maju atau mundurnya suatu organisasi tergantung dari kepemimpinan seorang pemimpin, baik dalam proses memengaruhi maupun mengarahkan anggotanya untuk mencapai suatu tujuan. Oleh sebab itu, Trinda menjelaskan, kinerja seorang pegawai akan baik apabila pemimpinnya dapat memberikan pengarahan yang baik pada bawahannya terhadap usaha-usaha semua pekerjaan.

"Bentuk perubahan apa saja yang sudah dilakukan di tempat bapak/ibuk sekalian bertugas?  Ini merupakan salah satu contoh sederhana yang harus dilakukan oleh seoarang pemimpin.

Begitu sebaliknya, gaya kepemimpinan yang tidak efektif, tidak akan memberikan pengarahan yang baik pada bawahannya terhadap usaha-usaha semua pekerjaan dalam mencapai tujuan," ujarnya menjelaaskan. (khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)