Agam

Wagub Sumbar Tinjau Irigas di Tiku Utara

Warta Andalas | Kamis, 30 Januari 2014 - 17:13:59 WIB | dibaca: 1323 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim didampingi Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, meninjau irigasi di Jorong Bukik Apik, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara yang rusak pada 2013, Rabu (29/1).

Selain peninjauan terhadap irigasi, rombongan juga melihat pembangunan jembatan yang rusak diwilayah setempat.

Wali Nagari Tiku Utara, Kandarini mengatakan, akibat irigasi tersebut rusak banyak lahan pertanian masyarakat terancam kekeringan. "Kalau irigasi ini tidak secepatnya ditindak lanjuti oleh pemerintah maka sekitar 800 hektar lahan persawahan masyarakat akan beralih fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit," katanya.

Ia menambahkan, irigasi ini rusak akibat terjangan banjir beberapa bulan lalu, yang mengakibatkan irigasi tersebut rusak sepanjang 100 meter. 

Pihaknya juga meminta agar jembatan yang terletak di Jorong Cacang Randah, agar diperbaiki karena keberadaan jembatan itu menghubungkan kecamatan itu dengan Kabupaten Padang Pariaman.

Wakil Bupati Agam Irwan Fikri mengakui bahwa infrastruktur di Kabupaten Agam masih kurang, namun pihaknya akan menanggapi kondisi ini dengan terlebih dahulu berkoodinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim mengatakan, perbaikan irigasi dan jembatan merupakan tangung jawab Kabupaten Agam. Apabila kabupaten ini tidak memiliki anggaran, maka Pemprov Sumbar siap memberikan bantuan. (jon)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)