Pariwara

Wabup Agam Ajak Semua Pihak Sukseskan Gerakan PKK - KB Kesehatan

Warta Andalas | Senin, 09 Oktober 2017 - 16:20:28 WIB | dibaca: 848 pembaca

Duet kepemimpinan Kepala Daerah kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, kani Bupati Indra Catri dan Wakil Bupati Trinda Farhan Satria, kian menunjukkan kinerja nyata dalam membangun dan mensejahterakan masyarakatnya, di berbagai sector. Diantaranya adalah sector ekonomi, pendidikan, kesehatan, agama, budaya serta berbagai bidang lainnya.

Selain hal itu, Agam juga sedang berkonsentrasi dalam memajukan masyarakatnya, di bidang pemberdayaan perempuan. Alahsatunya adalah melalui bidang gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga KB Kesehatan (PKK-KB Kes).

 
Terkait hal itu, baru-baru ini Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria meminta dalam menyukseskan program gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga KB Kesehatan (PKK-KB Kes) perlu adanya sinergisitas semua elemen dan stakeholder, dalam menyatukan langkah yang nyata.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati saat membuka Pencanangan PKK-KB-Kesehatan Tingkat Kabupaten Agam Tahun 2017, yang bertempat di aula Kantor Bupati Agam, Jumat (6/10).

Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan agar seluruh stakeholder mampu bahu membahu menuju capaian kinerja yang lebih baik, dn bukan hanya sekedar mengejar prestise atau sekedar mengejar akselerasi saja.

 

"Lakukan gerakan konkrit. Jangan jadikan gerakan PKK-KB-Kesehatan hanya sebatas mengejar akselerasi capaian kinerja di tiga bulan ke depan, melainkan sebagai spirit kerja semua pelaku komponen yang ditujukan pada perubahan prilaku masyarakat, untuk hidup bersih dan sehat,” himbaunya.

 

Pasalnya, lanjut Trinda Farhan, ketika berbicara gerakan, terselip poin penting yaitu membangun budaya, yang menyentuh aspek-aspek hidup masyarakat.

Menurut wabup, ketika gerakan tersebut sudah memiliki sinergisitas, maka sumberdaya akan kecil, sehingga capaian kerja akan lebih besar. Sebagai contoh, ketika tiga ditambah lima tidak lagi menjadi delapan, tapi bisa saja menjadi dua puluh, tiga puluh, bahkan lebih.

 

Wabup mengakui, selama ini beberapa tugas yang telah dilaksanakan PKK, baik skala makro maupun mikro, tidak lepas dari peran dan kontribusi PKK melalui aksi-aksi nyata ibu-ibu PKK, salah satunya pemberdayaan keluarga.

"Makanya saya sangat bangga, karena gerakan PKK KB Kesehatan ini karena merupakan momentum yang memiliki makna dan peran strategis, karena keluarga merupakan wahana utama dalam membentuk generasi muda penerus bangsa yang berkarakter," ujarnya, menjelaskan.

Ny. Vita Indra Catri: PKK KB Merupakan Kegiatan Integritas

 

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri menjelaskan bahwa kesatuan gerak PKK KB Kesehatan merupakan kegiatan integrasi antara Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan KB, Dinas Kesehatan dan TP PKK, dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

Seperti terlaksananya pengumpulan data, pemenuhan dan peningkatan pelayanan kontrasepsi dan kesehatan reproduksi, selanjutnya pengembangan dan peningkatan advokasi dan KIE KB, lingkungan bersih dan sehat, serta perilaku hidup bersih dan sehat.

Lebhi jauh, Ny. Vita mengatakan, sekaitan dengan program pokok PKK KB – Kesehatan, ada dua hal pokok yang perlus dicermati, yaitu adanya bonus demografi dan pemenuhan kebutuhan layanan dasar masyarakat.

 

"Menyikapi adanya bonus demografi itu tidak hanya bisa dilakukan dengan intervensi program KB semata, karena itu program KB perlu secara bersama diikuti  dengan program peningkatan keterampilan masyarakat, program peningkatan pendapatan keluarga, dan berbagai macam program yang bersifat memberikan peluang bekerja dan berusaha, di sinilah sinergitas 10 Program Pokok PKK dan program  program unggulan PKK dapat ambil bagian di salah satu pilar program KB," ungkapnya.

 

Demikian juga halnya pemenuhan kebutuhan layanan dasar masyarakat, perlu dilakukan upaya  peningkatan gizi, pemenuhan air bersih dan sanitasi lingkungan kesehatan ibu dan anak, pencegahan dan penanggulangan penyakit degenerative, termasuk pencegahan penyakit kanker leher Rahim melalui IVA Test.

 

Seusai acara tersebut dilakukan penandatanaganan nota kesepahaman atau MoU antara TP-PKK Kabupaten Agam dengan lembaga dan organisasi daerah, BUMN/BUMD, guna mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan program gerakan PKK-KB-Kesehatan. Di antaranya, Bank Nagari, Baznas Agam, BPJS, dan Kementerian Agama. (IF/AMC)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)