Lintas Provinsi

Ustadz Abdul Somad Warnai Penutupan Kegiatan Ramadhan di Tatura Selatan

Warta Andalas | Sabtu, 02 Juni 2018 - 09:55:33 WIB | dibaca: 1755 pembaca

WARTA ANDALAS, PALU - Kelurahan Tatura Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, di Ramadhan tahun ini menggelar berbagai paket kegiatan social yang dimulai sejak 11 Mei 2018 ini, ditutup malam tadi oleh Lurah Tatura Selatan, Zamrud, AMd.

Tahun ini, gelar kegiatan Ramadhan 1439-H dilaksanakan oleh YBTI (Yayasan Bhinneka Tunggal Ika), organisasi warga yg dibentuk dalam Sanjayo Nasionalisme Pinggir Kota ala Yahdi Basma pada akhir 2017 silam, kali ini bekerjasama dgn RISMA Masjid NURSITTAH & TPA se Kel.Tatura Selatan.

Berbagai lomba digelar, yakni Hafalan Surah Pendek (surah Makkiyah dalam Qur'an), Lomba Adzan, serta Lomba Baca Qur'an dan diselip juga Donor Darah kerjasama dengan PMI Kota Palu. Ke tiga paket lomba dimaksud dipilah lagi dalam beberapa batasan usia peserta. Usia 5-7 tahun, 8-10 tahun dan kelas Remaja 11-15 tahun. Lomba diikuti gembira oleh TPA (Taman Pengajian AlQur'an) se Kelurahan dan Risma Masjid di lingkungan Kel.Tatura Selatan.

Malam tadi, seluruh rangkaian ditutup dengan puncak peringatan berupa Tauziah Nuzulul Qur'an dari Uztad muda Abd. Somad, SAg, Pengukuhan Pengurus baru RISMA Nursittah serta Pemberian Hadiah kepada para Pemenang 1, 2 dan 3 setiap Lomba.

Malam penutupan yg berlangsung meriah semalam, sejak ba'da Tarawih hingga larut malam, juga diisi dengan kegiatan sosial berupa donor darah yg dilaksanakan oleh PMI Kota Palu. Tampak pendonor dari sejumlah Pemuda dan Tokoh Masyarakat Tatura Selatan.

Yahdi Basma, Pembina YBTI, dalam sambutannya menjelaskan peran organisasi warga sebagai piranti sosial ditengah stake-holder pembangunan dan pemerintah setempat, dapat menjadi faktor pelopor terciptanya rasa kesetiakawanan sosial sepanjang organisasi digerakkan kreatif, inovatif dan berwawasan.

Termasuk RISMA, katanya, jika seluruh RISMA tiap Masjid aktif pelopori kegiatan keagamaan seperti ini, mengedukasi remaja dilingkungannya masing2 yg di eksplor lewat kontes dan lomba, maka bukan mustahil, selain memakmurkan Masjid, langkah ini juga efektif menjamin ketertiban sosial yg pada gilirannya menjadi kontributif bagi tegaknya kehidupan sosial yg Pancasilais. Apa itu tertib sosial yg Pancasilais, yakni iklim toleransi yg bercorak kearifan lokal serta rasa kebangsaan yg kokoh.

Dalam Tauziah Uzt. Abd.Somad, juga uraikan pentingnya memupuk kesadaran hidup rukun dan damai serta tanggap pada kebutuhan lingkungan dengan cara rajin membaca Qur'an, mempedomani & melaksanakannya sejak di usia dini. Uztad ini beri hikmah Nuzul Qur'an terkait doktrin IQRA, membaca. Anak2 yg dibiasakan membaca, akan melahirkan generasi Muslim yg kokoh.

Sementara Lurah Zamrud, AMd dlm sambutannya menyampaikan terimakasih kpd semua pihak yg turut partisipasi dlm penyelenggaraan kegiatan Ramadhan yg tahun ini berlangsung hampir sebulan.

Di ujung acara, Lurah mengukuhkan Pengurus baru RISMA NURSITTAH yg diketuai Farid Sakti, didampingi 56 orang Pengurus RISMA, dengan Iwan Ahmad, Imam Masjid Ardin SPd, MPd, Ishak, Maman & Noor Ikhsan (Ketua YBTI)  duduk di jajaran Pembinanya. (rel/Fadil)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)