Agam

Usia Baru Setahun Jagung, SMKN 1 Tanjung Mutiara "Tancap Gas"

Warta Andalas | Rabu, 10 Mei 2017 - 16:52:40 WIB | dibaca: 136 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Sebanyak 101 siswa dan siswi SMKN 1 Tanjung Mutiara menggelar wisuda taruna-taruni angkatan pertama tahun 2017, Rabu (10/5) pagi. Siswa yang lulus terdiri dari dua jurusan, yaitu Nautika Kapal Penangkapan ikan dan Agribisnis Perikanan.

Kepala Sekolah SMKN 1 Tanjung Mutiara, Miftahudin mengatakan acara itu merupakan wisuda perdana yang dilaksanakan SMKN 1 Tanjung Mutiara. Pasalnya, sekolah ini baru berdiri selama tiga tahun. Meskipun begitu semua siswa dan siswi yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi.

"Ini pertama kali kami menggelar wisuda. Karena baru tiga tahun berdiri. Tetapi Alhamdulillah kami bisa melahirkan siswa dan siswi yang berkualitas," ujarnya.

Hal ini dibuktikan dari beberapa kompetisi yang diikuti siswanya nyaris mendapatkan peridikat pertama, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi. 

Baru-baru ini, siswanya bernama Panji Firman, taruna jurusan Agribisnis Perikanan menjadi juara terbaik I pada Lomba Fishery tingkat Provinsi Sumbar, dan akan mewakili Sumbar ke tingkat Nasional,  dan taruna Hendra Wahyu terbaik II lomba Nautica tingkat provinsi.

Ia menjelaskan, semua itu dilalui dengan proses yang panjang. Dibutuhkan perjuangan dan tantangan yang besar untuk mewujudkan mimpi tersebut. Ada beberapa usaha yang ditanamkan kepada semua siswa. Diantaranya, pemahaman agama, budaya disiplin, akhlak, dan tanggung jawab. Empat inilah yang menjadi pondasi utama suksesnya para siswa dan siswi SMKN 1 Tanjung Mutiara.

“Benar-benar kami gembleng dengan susah payah. Dibutuhkan tantangan yang laur biasa. Karena harus meyakinkan anak didik, dan orang tua. Sebab pengajaran yang kami tawarkan ialah pendidikan karakter. Kami juga tidak hanya memberikan pendidikan biasa saja, tetapi langsung mendidik dan menjadikan mereka sebagai anak sendiri,” katanya.

Sementara itu, Bupati Agam yang yang diwakili H. Isman Imran mengatakan sangat terkesan dan bangga atas prestasi yang diperoleh SMKN 1 Tanjung Mutiara, dan medorong agar Siswa SMKN 1 Tanjung Mutiara terus belajar dan meningkatkan prestasinya, sehingga nantinya Alumni SMKN 1 Tanjung Mutiara mampu mencetak alumni-alumni yang hebat.

"Ini satu-satunya sekolah SMK di Agam yang sangat cepat perkembangannya. Dengan usia baru seumur jagung sudah banyak menorehkan prestasi.

Keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari dukungan dari semua pihak untuk kemajuan nagari.

Isman imran berharap, para taruna-taruni yang baru saja diwisuda sudah dapat bernafas sedikit lega, namun, jenjang pendidikan tidak sebatas tingkat sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) sederajat saja, para siswa setelah dinyatakan lulus masih ada pendidikan selanjutnya yakni perguruan tinggi.

“Setelah lulus SMK ini, masih ada pendidikan jenjang lebih tinggi yakni perguruan tinggi atau langsung kerja sesuai jurusan yang didapat disekolah. Saya ingin para siswa dapat melanjutkan ke perguruan tinggi,” pintanya. 

Wakil Ketua DPRD Agam Lazuardi Erman didampingi anggota DPRD Agam Masrizal, mengucapkan apresiasi atas perjuangan dan semangat tinggi para segenap majelis guru SMKN I Tanjung Mutiara, sehingga sudah bisa mencetak calon-calon intelektual masa mendatang.

"Dibidang pendidikan saat ini Tiku naik daun. Semoga, prestasi ini bisa kita pertahankan," harap putra Tanjung Mutiara tersebut. 

Hadir pada kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Agam Lazuardi Erman, Anggota DPRD Agam Masrizal, Danlatamal II Teluk Bayur,  Plt. Camat Tanjung Mutiara,  dan tokoh masyarakat. (jon)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)