Sawahlunto

Undang Panwascam dan Wartawan, Bawaslu Sawahlunto Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

Warta Andalas | Rabu, 06 Maret 2019 - 20:05:37 WIB | dibaca: 272 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Bertempat di aula hotel Ombilin kota setempat, Bawaslu kota Sawahlunto menggelar kegiatan.Fasilitasi Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Pemilihan Umum serentah tahun 2019, Rabu (6/3), dengan melibatkan unsure Panwascam serta para insane media.

Elain Ketua Bawaslu Kota Sawahlunto Dwi Murini beserta komisioner Bawaslu lainnya, dalam kesempatan itu Bawaslu juga menghadirkan narasumber Samaratul Fuad, dari Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Sumatera Barat.

Menurut Dwi Murini, peran pers sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat luas melalui media massa baik itu media cetak ataupun media online, sehingga akan menghasilkan Pemilu yang baik.

“Kita berusaha dengan semaksimal mungkin untuk dapat mengawasi pelaksanaan Pemilu yang baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku, menyelesaikan sengketa Pemilu dan melakukan penindakan.terhadap pelanggaran.yang dilakukan.oleh peserta pemilu maupun oleh ASN yang tidak melaksanakan.etika netralitas,” sebutnya.

Namun demikian, tambah Dwi Murini, masyarakat juga diminta untuk berperan aktif dalam pengawasan pelaksanaan pemilu ini dengan.cara melaporkan kepada Bawaslu kalau ditemukan indikasi pelanggaran.atau adanya money politik yang dilakukan oleh para peserta pemilu di lapangan.

“Namun tentunya harus dengan melengkapi data yang akurat dan bukti yang valid, sudah barang tentu Bawaslu akan menindak lanjuti laporan.tersebut,” sebutnya.

Terkait adanya ASN.yang melanggar Etika Netralitas dalam Pemilu, Dwi Murini juga menegaskan bahwa kasus ini sudah ditindak lanjuti dengan memanggil yang bersangkutan, dan dalam pemeriksaan.di Bawaslu ada indikasi pelanggaran etika netralitas yang dilakukan oleh ASN.tersebut.

“Saat ini, kasusnya sudah kita limpahkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” pungkasnya.

Selain Dwi Murini, dalam kesempatan tersebut, Bidang Penindakan.dan Pelanggaran  Bawaslu Kota Sawahlunto, Wilma Erida juga turut memberikan pemaparan tentang peraturan serta sanksi dalam pelaksanaan Pemilu.

Dalam kegiatan.Fasilitasi Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Pemilihan Umum ini juga di lakukan sesi diskusi.dan.tanya jawab dengan.para peserta yang hadir dengan para narasumber. (ap)

Berikut link video kegiatan tersebut:

https://www.youtube.com/watch?v=Ax45VsMHeh4&t=237s 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)