Agam

Tinjau Proyek Jalan, Bupati Intruksikan Untuk Langsung Diaspal

Warta Andalas | Rabu, 10 Januari 2018 - 19:22:22 WIB | dibaca: 72 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Jalur transportasi merupakan salah satu infrastruktur penting dalam penunjang kesejahteraan masyarakat, apalagi jika jalur itu akses utama bagi perekonomian masyarakat. Seperti halnya, jalan Lariang di Nagari Nan Tujuah Kecamatan Palupuah yang merupakan wilayah perbatasan antara Kabupaten Agam dengan Kabupaten Pasaman.

Bahkan, usai pelantikan PJ Wali Nagari persiapan Nan Limo, pada Selasa (9/1) Bupati Agam H. Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah, bersama beberapa Kepala OPD terkait seperti PU, DPMN, Kesbangpol, Diskominfo, Dinas Satpol PP dan Damkar, Dinas Pertanian, serta camat Palupuah Hasrizal bersama perangkat nagari setempat dan lainnya, langsung meninjau kondisi jalan Lariang yang kini sangat memprihatinkan.

Dalam peninjauan, bupati yang didampingi langsung Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Agam Yunaldi, langsung mengintruksikannya untuk mengaspal jalan tersebut.

“Kita prioritaskan tahun depan sudah diaspal. Harusnya tahun sekarang, tapi belum jadi karena kurang dana, sebab kita juga bakal mengaspal jalan lainnya yang sudah dicor pakai semen. Kita tunggu semennya hancur, lalu dikeraskan baru setelah itu di aspal,” katanya.

Bupati juga menyebutkan, bakal mengoptimalkan jalan yang telah dicor semen untuk di aspal, yang berpotensi besar menopang perekonomian masyarakat.

“Kita maunya jalan yang berpotensi besar diarahkan tidak dicor, karena empat hingga lima tahun sudah hancur lagi, sebaiknya memang harus di aspal, karena ini jalur ekonomi yang ramai,” ujarnya lagi.

Sedangkan Wali Nagari Nan Tujuah Kecamatan Palupuah, Tarmizi Hakim mengatakan, jalan sepanjang 280 meter itu merupakan jalur penghubung antara Jorong Lariang dengan Kampung Melayu Nagari Limo Koto, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman. 

Di mana jalur tersebut merupakan akses transportasi penting masyarakat setempat yang mayoritas petani, dan penakik getah.

“Kurang lebih ada 680 KK yang tinggal di wilayah itu, dan saat ini kondisinya masih jalan tanah yang susah dilewati jika sudah musim penghujan, kita berharap ada perbaikan secepatnya untuk jalan tersebut,” ujarnya.

Usai meninjau jalan itu, bupati beserta rombongan lanjut meninjau pembangunan kantor baru Camat Palupuah yang saat ini masih dalam proses pembangunan. (khw) 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)