Sawahlunto

Tingkatkan Pembinaan, Pramuka Penggalang SMPN 5 Sawahlunto ikuti Perjusami

Warta Andalas | Minggu, 24 Maret 2019 - 07:18:41 WIB | dibaca: 119 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Guna meningkatkan pembinaan, sebanyak 134 Pramuka Penggalang putra – putri SMP Negeri 5 Sawahlunto mengikuti kegiatan Perkemahan Blok dan karakter yang digelar di Camping Ground Kandi Kota Sawahlunto, Jumat – Minggu, 22 – 24 Maret 2019.

Kepala SMPN 5 Sawahlunto Nofitra mengatakan, dengan perkemahan di alam terbuka dapat menempa kemandirian dan membina karakter diri serta mental siswa yang mengikuti kepramukaan dan ini sesuai dengan penerapan sistem kurikulum 2013.

“Dengan adanya kegiatan kemah ini mampu mengajarkan kepada siswa untuk dapat menumbuhkembangkan rasa kebersamaan dan saling tolong menolong di kalangannya,” sebut Nofitra (22/3).

Nofitra menjelaskan, dengan perkemahan itu, mereka nantinya diharapkan memiliki tingkat kepribadian yang baik dengan rasa kepedulian social tinggi. Karena, dalam perkemahan dituntut rasa kebersamaan .

“Bagi Pembina akan menjadi ajang pembelajaran dalam pembinaan serta sebagai evaluasi terhadap materi latihan yang selama ini dilakukan agar ke depan lebih baik lagi karna diantaranya baru saja mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) Pembina,” harapnya.

Pembina Putri SMPN 5 Sawahlunto Efrianti menyatakan, pendidikan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib diikuti oleh seluruh peserta didik dalam sekolah tersebut.

Sedangkan Model Blok, jelas Efrianti, adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, yakni pada awal tahun ajaran baru. Model blok juga
bersifat wajib setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum, sebutnya.

Dia menambahkan, kegiatan dengan pemberian materi metoda kepemimpinan, outbond, keterampilan, penjelajahan dan kegiatan yang menumbuhkan kebersamaan dan pengembangan karakter serta kegiatan rutin perkemahan pramuka.

“Selain guru pemateri, beberapa kegiatan dan materi penyuluhan juga disampaikan pelatih yang berasal dari koorp pelatih Kwarcab 11 Kota Sawahlunto dan Pembina pramuka digudep ini,” harapnya. (TAS)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)