Purbalingga

Tingkatkan Minat Baca Warga, Pemdes Lamuk Sulap Aula Menjadi Perpusdes

Warta Andalas | Selasa, 13 Maret 2018 - 14:40:38 WIB | dibaca: 121 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Minat baca warga desa Lamuk yang kian meningkat, menjadi salah satu motivasi bagi pemerintah desa (pemdes) Lamuk menyediakan perpustakaan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakatnya, maka pemdes Lamuk memanfaatkan aula balai desa Lamuk menjadi perpustakaan desa Iqro sejak 1 Agustus 2012. Untuk mencukupi sarana prasarana terutama  kebutuhan buku, pemdes Lamuk mendapatkan bantuan dari Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah  dan juga Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kab. Purbalingga.

Menurut pengelola perpusdes Lamuk, Nasim menyampaikan bahwa selain bantuan sarana prasarana dari pemerintah, perpusdes Lamuk mendapat bantuan dari beberapa pihak berupa buku dan juga peralatan multimedia. Dan saat ini perpusdes Lamuk mengembangkan diri dengan berbagai usaha mandiri salah satunya bekerja sama dengan PT. Post Indonesia dengan menyediakan layanan post pay untuk memudahkan warga Lamuk dalam hal transaksi elektronik membayar berbagai keperluan mulai dari membayar listrik sampai dengan membeli pulsa.

“Kami mendapatkan bantuan buku juga dari beberapa donatur, seperti dari mahasiswa STAIN Purwokerto yang menyumbang  300 buku, juga sumbangan buku serta perangkat multimedia dari PT. Coca cola foundation berupa 3 unit komputer,” kata Nasim saat ditemui Selasa, (13/03).

Ketika mendapat kunjungan dari Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE B.Econ terkait kesiapan perpusdes Lamuk mengikuti lomba perpustakaan desa tingkat provinsi Jawa Tengah yang akan digelar April 2018, ketua perpusdes Lamuk Siswati menyampaikan permohonan bantuan sarana prasarana perpusdes yang harus segera dicukupi, diantaranya pengadaan ac, rak buku dan etalase, tambahan perangkat komputer serta kendaraan operasional untuk perpustakaan keliling.

“Perpustakaan keliling yang kami sebut matic pustaka sangat kami butuhkan untuk menjangkau daerah yang mempunyai akses jalan sempit, seperti ketika kami mengunjungi kegiatan-kegiatan di TPQ dan juga RT,”  terang Siswati.

Menanggapi permohonan dari perpusdes Lamuk, Wabup Tiwi yang didampingi Sekretaris Dinarpus Dra. Jiah Palupi Twihantarti MM. dan juga Camat Kejobong Suwarto SE. menyampaikan kesiapannya membantu pemenuhan kebutuhan perpusdes dan kepada Kepala Desa Lamuk Drs. Gana, Wabup Tiwi berpesan agar pemdes Lamuk segera berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga untuk pemenuhan kebutuhannya.

 “Atas kepedulian besar pemdes Lamuk meningkatkan angka literasi di Purbalingga, saya sampaikan apresiasi dan berharap perpusdes Iqro ini memotivasi warganya mencintai budaya membaca. Saya juga doa’kan semoga dalam mengikuti lomba perpusdes tingkat provinsi sukses,” kata Tiwi. (PI-5 /PI-9)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)