Agam

Tingkatkan Ekonomi Petani, 455 Unit Alsinta di Salurkan Ke Poktan

Warta Andalas | Rabu, 06 Desember 2017 - 15:59:52 WIB | dibaca: 48 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyalurkan bantuan 455 unit alat mesin pertanian (Alsintan) kepada 44 kelompok tani (poktan), dalam rangka mengembangan tanaman hortikultura untuk memenuhi kebutuhan pangan petani.

"Ke 455 unit alsintan yang disalurkan kepada poktan ini terdiri dari handsprayer 410 unit, dan mesin pompa air 45 unit," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Afdhal didampingi Kasi Pembenihan dan Perlindungan Holtikulktura, Indrawati,  yang bertindak sebagai PPK, dan Yasriadi, SST selaku Kasi Lahan dan Irigasi, Rabu (6/12).

Ditambahkannya, bantuan ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI), diperuntukan bagi membantu petani di Kabupaten Agam. Bantuan ini telah disalurkan kepada petani mulai pada awal November 2017. 

"Alsintan ini diberikan kepada 44 kelompok tani yang memiliki lahan, yang tersebar di 13 kecamatan. Alokasi bantuan ini sesuai dengan potensi area hortikultura di masing-masing kecamatan tersebut," katanya.

Pihaknya mengharapkan bantuan alsintan ini dapat menambah semangat Poktan sekaligus diharapkan dapat menekan cost produksi dalam berusaha. Di samping itu, pengembangan tanaman hortikultura ini untuk melepas ketergantungan dengan daerah lain dalam memenuhi kebutuhan pangan. Untuk ini diharapkan para petani yang memperolah bantuan tersebut merawat alsintan, sehingga tahan lama.

Apalagi Kabupaten Agam didukung oleh lahan yang luas dan cocok untuk pengembangan tanaman hortikultura, baik itu cabai, bawang, wortel, jeruk, dan sebagainya," katanya.

Indrawati menambahkan, handsprayer dan mesih pompa air ini melengkapi bantuan bibit tanaman yang sebelumnya telah diberikan kepada poktan, diantaranya bibit jeruk, durian, dan manggis.

"Dengan bantuan bibit unggul dan alsintan, diharap petani mampu mewujudkan Kabupaten Agam sebagai sentral tanaman buah-buah berkualitas di Sumatera Barat," ujarnya berharap. (jon)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)