50 Kota

Tingkatkan Anggaran, Pamismas Harapkan Dukungan Pemerintah dan OPD Terkait

Warta Andalas | Minggu, 14 Januari 2018 - 09:28:24 WIB | dibaca: 188 pembaca

WARTA ANDALAS, LIMAPULUH KOTA – Pamsimas merupakan salah satu langkah pemerintah untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat sampai kepelosok negeri. program ini tidak hanya mengusahakan air bersih tapi juga peningkatan kesehatan lingkungan di daerah dampingan. Seperti diLiampuluh Kota Dari awal program pamsimas di luncurkan sampai sekarang selalu ada jorong di nagari nagari yang membutuhkan mendapat bantuan.

Masyarakat selain di bantu dengan pendanaan untuk pembangunan fisik juga dibantu dalam sistem pengerjaan dan pengelolaan keuangan. Dalam Team pamsimas juga ada falisitator yang memberikan pembinaan tentang kesehatan masyarakat di daerah dampingan mereka.

Pamsimas 2017 di Limapuluh Kota saat ini sudah memasuki serah terima dari Satuan pelaksana(Satlak) kepada masyarakat untuk di kelola secara berkelanjutan. Dan tahap 2018 Ada sekitar 20an titik masuk survey di 79 Nagari di kabupaten ini. Untuk itu Team Pamsimas Limapuluh Kota mencoba melakukan audisi dengan Bupati Limapuluh kota dengan harapan ada tambahan anggaran di APBD untuk meningkatkan kualitas pengadaan air minum dan sanitasi di daerah ini.

Jumat 12/1 rombongan Team Pamsimas Limapuluh Kota yang di pimpin Rosnimar ST selaku Ketua DC Pamsimas diterima Irfendi Arbi di Pendopo Rumah Dinas Bupati. Dalam diskusi ini Rosnimar memaparkan segala kegiatan Pamsimas yang sudah dilakukan tahun lalu dan yang akan dilakukan tahun sekarang.

Kepada orang nomor satu di daerah ini Rosnimar berharap dukungan dalam bentuk tambahan anggaran untuk program air bersih dan kesehatan lingkungan melalui OPD terkait. Tidak hanya untuk yang akan di laksanakan tapi juga bagi yang sudah berjalan. Baik itu dalam bentuk DAK atau aspirasi anggota dewan daerah ini.

Bagi yang baru akan di kerjakan dengan adanya suntikan dana dari pemerintah daerah bisa lebih mencapai target. Dan bagi yang sudah berjalan bisa makin meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Bimbingan dari Team Pamsimas untuk daerah atau jorong yang didampingi ditarget bisa menjadi PDAM mini yang di kelola masyarakat jorong setempat,papar Rosnimar didepan Irfendi Arbi.

Sementara Irfendi Arbi sangat berterimakasih dengan adanya program pamsimas ini sehingga masyarakat yang jauh dari jangkauan PDAM bisa mendapatkan air bersih dan dikelola sendiri oleh masyarakat setempat. Saat ini masih banyak tugas tugas kita dalam mendampingi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya pendampingan baik secara teknik,pengelolaan keuangan dan kesehatan lingkungan  dari Team Pamsimas Limapuluh Kota sangat terbantu ujar Irfendi. (zal)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)