Sawahlunto

Tindaklanjuti Musrenbangdes, Kecamatan Talawi Gelar Musrenbang

Warta Andalas | Kamis, 06 Februari 2014 - 17:43:35 WIB | dibaca: 992 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Dalam rangka pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah, diwajibkan bagi Pemerintah Daerah untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Pembangunan Tahunan yang lebih dikenal sebagai Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Setiap proses penyusunan dokumen rencana pembangunan tersebut memerlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan melalui mekanisme Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, sampai dengan Kota.

Berkaitan dengan hal itu, hari ini, Kamis (6/2) kecamatan Talawi menggelar Musrenbang tingkat kecamatan, yang digelar di ruang rapat kantor camat setempat, dengan dihadiri sebelas kepala desa beserta jajarannya, serta sejumlah tokoh masyarakat Talawi.

Menurut camat Talawi, Yusuf Batubara S.Sos, M.Si yang didampingi Sekcam Bet Muhardi S.Sos, Musrenbang Kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kelurahan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembanguna di wilayah kecamatan, terkait yang didasarkan pada masukan dari desa/kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa/kelurahan dikecamatan yang bersangkutan.

Dikatakan, masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten/Kota pada tahun berikutnya.

Adapun sejumlah materi yang dibahas dalam Musrenbangcam kali ini, menurut Bet Muhardi, adalah seputar rencana pembangunan fisik, social budaya, serta ekonomi.

“Tujuan Musrenbang adalah untuk mengindentifikasi atau menginventarisasi program atau kegiatan yang disampaiakan oleh masyarakat melalui Musrenbangdes dan dipadukan dengan usulan Dinas atau instansi kecamatan yang akan menjadi prioritas pembangunan kecamatan,” terangnya.

Adapun hasil Musrenbang yang lolos, imbuh Bet, selanjutnya akan diusulkan ke Musrenbang tingkat kota,” pungkasnya.  (ap)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)