Sawahlunto

Tim TdS 2019 dari Pusat Tinjau Rute Pembalap di Sawahlunto

Warta Andalas | Minggu, 07 Juli 2019 - 21:53:10 WIB | dibaca: 174 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Jelang pelaksanaan event akbar Tour de Singkarak (TdS) yang merupakan ajang balap sepeda bertaraf internasional diikuti oleh belasan negara baik Asia maupun Eropa, Minggu (7/7) kemarin Tim panitia dari pusat melakukan survey kesiapan rute, sekaligus memeriksa kondisi jalan yang ada di kota Sawahlunto.

Selain tim dari pusat, yaitu Wela dan rombongan, mereka juga didampingi tim dari Dinas Pariwisata dan Dinas PUPR Provinsi serta petugas Kepolisian dari Polda Sumbar.

Dalam survey tersebut, Wela memberikan petunjuk agar sejumlah ruas jalan yang rusak diantaranya ruas jalan Pasar Baru atas, Sapan, Sungai Durian, serta arah Kandih dan Sijantang untuk diperhatikan secara serius dan segera diperbaiki.

Selain kerusakan jalan, ujar Wela, juga diminta untuk memperhatikan lokasi-lokasi tikungan hingga ke lokasi finish yang direncanakan di Taman Makam Pahlawan Mahaputra M Yamin di kecamatan Talawi.

Sesampainya di Taman Makam M Yamin, tim survey ini langsung meninjau sejumlah sarana dan prasarana yang ada, seperti area parkir, tempat istirahat para pembalap dan tim, serta sejumlah fasilitas lainnya.

Sementara itu, Asisten II Setdako Sawahlunto yang sekaligus merupakan Plt. Kadis Pariwisata Sawahlunto, Ir. H. Radam, M.Sc mewakili walikota yang tengah berada di Azarbaijan untuk mengikuti sidang Unesco sebagai kota warisan Dunia, mengatakan bahwa survey tersebut dilakukan sebagai langkah awal persiapan atas keinginan kota Sawahlunto untuk dilalui para peserta balap sepeda (TdS) hingga ke ujung Sawahlunto, yaitu kecamatan Talawi.

“Sebagai kota wisata, kita merasa rugi jika tidak dilalui oleh para peserta yang datang dari berbagai belahan dunia. Sebab, ini merupakan bagian dari promosi pariwisata kita,” ujar Radam, didampingi Kabid Promosi dan Pengembangan Tatang S serta stafnya, Riza dan Riri.

Menurut Radam, untuk ruas jalan dari simpang Muaro Kalaban hingga pusat kota, masih cukup layak untuk dilalui para pebalap meski masih harus ada perbaikan-perbaikan kecil.

“Kondisi jalan yang sangat parah adalah jalan selepas kantor Balaikota seperti di Pasar baru, Sapan, Sungai Durian, dekat kantor PU hingga menjelang PLTU, tepatnya di jembatan Sijantang. Ini perlu perbaikan yang cukup berat,” ungkapnya, yang juga didampingi Dedi T Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan stafnya, Rico.

Diungkapkannya, untuk ruas jalan yang ada di kota ini, tidak semuanya merupakan tanggungjawab provinsi, akan tetapi juga merupakan jalan kota sehingga harus cepat dipersiapkan dari sekarang.

“Sebab kita tidak ingin ada pembalap yang mengalami kecelakaan di wilayah kita ini,” imbuh Radam.

Setelah survey ini, lanjut mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sawahlunto ini, kita akan segera menghitung estimasi biayanya. Mudah-mudahan hari Senin ini sudah bisa kita ketahui anggarannya.

Selain persiapan rute yang direncanakan akan berakhir di Taman Makam Pahlawan M Yamin kecamatan Talawi, dalam kesempatan tersebut Radam juga lengsung melakukan pengecekan sejumlah sarana dan fasilitas yang akan digunakan oleh seluruh tim peserta balap sepeda.

“Kita juga sudah melihat kondisi lokasi yang akan digunakan sebagai tempat finish seperti Tolilet, tempat beristirahat serta tempat jamuan makan. Insya Allah hanya tinggal sedikit pembenahan saja, dan kita siap menyambut TdS tahun 2019 ini,” pungkasnya. (ap)

Ini Link Videonya:

https://www.youtube.com/watch?v=fU6cwsDWv-k 

 

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)