Sawahlunto

Tim Advokasi Derasz Laporkan Dugaan Pelanggaran Paslon Incumbent

Warta Andalas | Sabtu, 05 Mei 2018 - 19:51:28 WIB | dibaca: 883 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Terkait adanya dugaan pelanggaran pasal 71 ayat 3, Undang -Undang No 10 Tahun 2016 yang dilakukan Paslon petahana atau incumbent nomor urut 2 Ali Yusuf - Ismed (Alis), tim advokasi dan Hukum calon Walikota dan Wakil Walikota Sawahlunto 2018 – 2023  nomor urut 3, Deri Asta - Zohirin (Derazs) melaporkan ke pihak Panwaslu Kota Sawahlunto, Kamis (3/5).

Menurut Ketua tim advokasi dan Hukum Derazs, Epy Kusnadi SH. M.Kn, Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota dilarang menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salahsatu pasangan calon,  baik di daerah sendiri maupun di daerah lain dalam waktu 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan penetapan pasangan calon terpilih.

“Nanti di OPD-OPD yang berkaitan bisa dicari data penambahan PTT rentan waktu 13 Agustus 2017 sampai 12 Februari 2018”, ungkap Epy Kusnadi, saat dikonfirmasi media dikantor DPRD kota Sawahlunto, Jumat (4/5).

Sementara itu, Wilma Erida SH I selaku Divisi Penindakkan Panwaslu kota SawahluntosSaat di konfirmasi wartawan melalui sambungan telponnya  mengatakan bahwa Epy Kusnadi hanya memberikan data, dan bukan sebagai pelapor.

“Epy Kusnadi hanya memberikan data, dan bukan sebagai pelapor. Hal ini kami jadikan sebagai informasi awal,” ungkap Wilma.

Dikatakannya, laporan resmi Epy Kusnadi pada Kamis (3/5) yang lalu,  Panwaslu sudah menindaklanjuti dan dibahas dengan Gakkumdu.

Bahkan, lanjut dia, Panwaslu telah memanggil Sekda, BKPSDM, Dinas Pendidikan, Perhubungan dan Kesehatan. Kemudian orang yang telah diangkat sebagai PTT.

“Sejauh ini sudah ada 5 laporan yang masuk ke Panwaslu Sawahlunto, semuanya sudah di bahas di Gakkumdu. Dan sudah 4 laporan yang diproses, sedangkan satu sudah memasuki SP3, dan 3 laporan tidak terpenuhi pelanggaran Pemilu,” tegas Wilma. (SN.Anton/imo)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)