Batusangkar

Tiba-tiba Saja, Pengunjung Istana Pagaruyung Jatuh Pingsan

Warta Andalas | Selasa, 26 Desember 2017 - 08:47:34 WIB | dibaca: 233 pembaca

WARTA ANDALAS, TANAH DATAR - Liburan panjang akhir tahun bertepatan dengan hari Natal dan menyambut tahun baru, banyak orang memanfatkan momen itu untuk berkunjung ke berbagai objek wisata.

Tidak terlewatkan untuk beberapa objek wisata yang berada di Tanah Datar, jumlah wisatawan/pengunjung juga mengalami peningkatan. Namun hendaknya sebelum memutuskan untuk bepergian atau berwisata, ada baiknya kita pastikan kondisi kesehatan kita, dan jangan memaksakan diri jika kondisi tidak memungkinkan.

Seperti yang terjadi pada salah seorang wisatawan asal Pekanbaru Riau.  Maksud hati ingin menikmati kemegahan Istana Basa Pagaruyung yang merupakan icon wisata di Tanah Datar, Sumbar, tiba tiba pingsan secara mendadak, Senin (25/12), sekira pukul 14.00 Wib.

Diketahui, pengunjung itu pingsan kala berada di tangga Istana, saat ingin masuk ke dalam istana. Diwaktu yang sama, saat pimpinan tertinggi Polres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas berada areal Istana Pagaruyung dalam rangka meninjau kesiapan anggotanya dan pos pelayanan operasi lilin 2017 di tempat itu.

"Saat saya mengelilingi Istana Pagaruyung guna meninjau anggota dan kondisi keamanannya, saya melihat salah seorang wisatawan tiba-tiba pingsan, " ungkap Bayuaji.

Dikatakan Kapolres saat pengunjung tersebut pingsan, ia kebetulan berada didekat korban, dan langsung membantu dengan memopong korban yang pingsan menuju pos kesehatan yang telah tersedia dalam operasi lilin kali ini.

"Setelah dilakukan pemeriksaan di pos, tak ada tanda tanda kemajuan, maka korban tersebut segera kita larikan ke RSUD Hanafiah Batusangkar mengunakan Ambulans yang tersedia di lokasi Istana, guna mendapatkan pertolongan intensif, dan mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan," ujarnya.

Kapolres menyatakan bahwa penyebab pingsannya wanita asal Pekanbaru yang datang bersama suami dan ibunya, dikarenakan kelelahan dan dehidrasi berat.

Bersyukur, hingga berita ini diturunkan diketahui bahwa wisatawan asal Pekanbaru tersebut sudah pulih dan telah meninggalkan Tanah Datar. (Rizaldi Akbar)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)