Lintas Provinsi

Tetapkan Rencana Kerja, Pemdes Ampekale Gelar Musrenbang

Warta Andalas | Jumat, 01 Desember 2017 - 16:10:09 WIB | dibaca: 54 pembaca

WARTA ANDALAS, MAROS - Pemerintah Desa Ampekale menggelar Musyawarah Desa Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembang) untuk menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) TA. 2018, di Aula Kantor Desa Ampekale, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Kamis (30/11/2017).

Kepala Desa Ampekale, Ampekale dalam sambutannya mengapresiasi kinerja seluruh perangkat desa Ampekale dan para Kepala Dusun yang selama ini bekerja secara profesional sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masing.

Rahim menambahkan, kunci sukses pembangunan di desa Ampekale ini jika seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan saling bersinergi dan yang paling mendasar adalah dukungan seluruh lapisan masyarakat.

Ia juga mengingatkan, bahwa pembangunan desa kedepan jangan hanya fokus pada kegiatan fisik, tapi juga pembinaan dan pemberdayaan masyarakat secara sosial dan ekonomi.

Pada Musayawarah Desa Ampekale hari ini kita akan tetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) untuk Tahun Anggaran 2018, yang nantinya akan disahkan dalam bentuk Peraturan Desa (Perdes) RKPDesa Ampekale TA. 2018.

Sementara itu Tenaga Ahli Program Pemberdayaan dan Pembangunan Masyarakat Desa (TA. P3MD), Rustam Effendi, mengatakan bahwa mekanisme penggunaan Dana Desa telah diatur secara eksplisit didalam Peraturan Menteri Kemendesa Nomor 19 Tahun 2017 (Permendes 19 Tahun 2017 ) ini mengatur secara detail tentang prioritas dana desa tahun 2018.

Penetapan prioritas penggunaan dana Desa ini bertujuan sebagai pedoman dan acuan bagi penyelenggaraan kewenangan, acuan untuk Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam menyusun pedoman teknis penggunaan Dana Desa dan acuan bagi Pemerintah Daerah Pusat dalam pemantauan dan evaluasi pelaksanaan penggunaan Dana Desa, Kata Rustam.

Prioritas Penggunaan Dana Desa untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa, lanjut Rustam.

Program dan kegiatan sebagaimana dimaksud dalam permendes tersebut antara lain bidang kegiatan produk unggulan Desa atau kawasan perdesaan, BUM Desa atau BUM Desa Bersama, Embung, dan Sarana olahraga Desa sesuai dengan kewenangan Desa, tambahnya.

Rustam menambahkan, bahwa Pembangunan Sarana Olahraga Desa sebagaimana dimaksud dalam permendes tersebut merupakan unit usaha yang dikelola oleh BUM Desa atau BUM Desa Bersama.

Prioritas penggunaaan Dana Desa wajib dipublikasikan oleh Pemerintah Desa kepada masyarakat Desa di ruang publik yang dapat diakses masyarakat Desa. (ABR)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)