Dharmasraya

Terjaring Razia, 6 Dari 9 Penghuni Lapas Dharmasraya Positif Narkoba

Warta Andalas | Kamis, 02 Agustus 2018 - 19:41:51 WIB | dibaca: 360 pembaca

WARTA ANDALAS, DHARMASRAYA - Dari 9 orang yang berhasil di amankan jajaran Satres Narkoba di kamar 5, 6 dan 7, Lapas kelas III Dharmasraya saat razia yang dipimpin langsung oleh Kapolres Dharmasraya, AKBP. Rudy Yoelinto beberapa hari lalu, 6 orang dinyatakan tersangka dan positif mengkonsumsi Narkotik.

Pernyataan itu disampaikan Kapolres Dharmasraya, AKBP. Rudy Yoelinto didampingi Satres Narkoba IPTU. Pj. Nababan, SH, saat jumpa pers penangkapan warga binaan lapas Dharmasraya, Selasa malam (31/07) di Aula pertemuan Polres Dharmasraya, Sumatera Barat, Kamis 02/08.

“Setelah kita lakukan penyelidikan dan tes urine di RSUD Sungai Dareh, 6 dari 9 orang yang kita amankan positif mengkosumsi Narkoba, dan satu diantaranya merupakan pengedar, yakni berinisial DF tahanan yang dipindahkan dari LP Solok dalam kasus Pencurian dengan tindak kekerasan (Curat), yang baru menginap tiga bulan di LP KLS III B Dharmasraya,” ungkapnya.

Dirinya menyanyangkan, Lapas Kelas III kabupaten Dharmasraya yang seharusnya menjadi tempat untuk melakukan pembinaan bagi mereka yang tersandung hukum, dengan harapan setelah keluar para napi tersebut bisa berubah menjadi lebih baik, justru terbalik dan menjadi tempat peredaran barang haram.

Ia bertekad, bersama masyarakat serta seluruh lembaga yang berkompeten akan membrantas peredaran Narkotika diwilayah hukumnya, termasuk di lembaga pemasyarakatan Dharmasraya.

Selain itu, Kapolres juga menambahkan agar pihak lapas KLS III B Dharmasaraya yang baru beroperasi satu tahun itu, untuk tidak main-main dan ikut serta dalam memuluskan tindak melawan hukum.

"Kita akan lakukan kordinasi dengan pihak Lapas serta akan memberikan penyuluhan pada seluruh pegawai Lapas," tegasnya.

Pihaknya berjanji akan terus melakukan pengembangan atas  6 orang yang diduga positif mengkosumsi Narkotika jenis sabu di Lapas Kelas III Dharmasraya.

“Kita akan lakukan pemeriksaan pada seluruh penghuni Lapas dan tidak akan berhenti disini," tegasnya.

Dari operasi yang ia pimpin, 6 tersangka tersebut yakni, DF (37) adalah tahan asal Lapas Solok dalam kasus Curat dan baru 3 bulan di Lapas Dharmasraya. Dari tangan pelaku berhasil diamankan, 2,54 gram  narkotika dan satu alat hisap.

Sementara dari pelaku DAS (54) Napi asal Muaro Sijunjung dalam kasus Narkotika, ditemukan 1 paket kecil Sabu dan satu alat hisap. Sedangkan empat pelaku lainya yakni AN (30) tahun asal Lapas Payakumbuh, dengan kasus Narkotika, kemudian MA (38) tahanan asal LP Payakumbuh dengan kasus Narkotika, dan ZI (30) dari LP yang sama dengan kasus Narkotika, serta WF (32) asal tahanan LP Mauro Sijunjung.

" Dari empat tersangka ini, untuk sementara hanya sebagai pemakai. Seluruh pelaku ini baru berkisar 2 Minggu hingga tiga bulan menghuni Lapas Kelas III B Dharmasraya," katanya.

Saat ini, pelaku bersama barang bukti narkotik serta 18 unit HP Android dan uang senilai Rp.102.000, diamankan di Polsek Pulau Punjung. Ke 6 tersangka dijerat dengan UU  Nomor 35 tahun 2009, tentang narkotika. serta pasal 112, 114 dan 127, dengan ancaman minimal 5 tahun, maksimal 20 tahun. (ex)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)