Solok

Tanpa Anggaran, Wako Solok Kukuhkan Saber Pungli

Warta Andalas | Kamis, 19 Januari 2017 - 19:44:14 WIB | dibaca: 237 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - Walikota Solok H. Zul Elfian, SH, M.Si kukuhkan unit satuan tugas sapu bersih pungutan liar (saber pungli) tingkat kota Solok,  di Gedung Kubung 13 Kota Solok. Unit Saber Pungli diisi oleh jajaran kepolisian, pemko Solok, Advokat, Akademisi, dan profesi serta tokoh masyarakat.

Dalam Unit Saber pungli ini, H. Zul Elfian, SH, M.Si (Walikota Solok) ditunjuk sebagai penanggung jawab Unit Saber Pungli, Kompol Drs. Sihana (Wakapolres Solok Kota) sebagai ketua pelaksana, Hj. Susweni, SH (Inspektur Daerah Kota Solok) sebagai Wakil Ketua I dan Wahyudi Kuoso, SH, MH (Kasi Pidsus Kajari Solok) sebagai Wakil Ketua II, dengan jumlah keseluruhan pengurus 80 orang terdiri dari unsur Polri, TNI, Pemko Solok, Kajari, Pengadilan, Akademisi, dan Tokoh Masyarakat.

Walikota Solok menyampaikan pemerintah Kota Solok berupaya mewujudkan reformasi birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme. Menjadi komitmen pemerintah untuk melakukan perubahan wajah aparatur yang baik dan bersih menuju good governance dan clean goverment yang diimplemantasikan dalam tiga tataran, yaitu peneyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat.  

Salah satu langkah dan upaya yang dilakukan pemerintah Kota Solok dalam upaya reformasi birokrasi adalah dengan membentuk unit satgas sapu bersih pengutan liar (saber pungli) tingkat Kota Solok yang dituangkan melalui SK Walikota Solok No. 188.45-25 tahun 2017 tentang pembentukan unit satgas sapu bersih pengutan liar tingkat Kota Solok.

Tugas Unit satgas saber pungli yakni inteligen, pencegahan dan sosilisasi, penindakan serta yustisi, satgas saber pungli juga diberikan kewenangan untuk melaksanakan operasi tangkap tangan (OTT).

“Unit satgas saber pungli merupakan wujud nyata dari pergerakan pemerintah dalam pemberantasan pungli bertujuan memulihkan kepercayaan publik sehingga terbentuk pemerintahan yang proposional dan profesional sekaligus berfungsi membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungli” Kata Zul Elfian.

Wako menegaskan bahwa pengukuhan yang dilakukan hari ini merupakan awal dari komitmen, Satgas diharapkan dapat secepatnya  melakukan upaya-upaya pencegahan baik melalui sosialisasi, penyuluhan, pelatihan dan kegiatan lain dalam rangka mencegah terjadinya pengutan liar ke seluruh lembaga pemerintahan serta lembaga lain yang memberikan pelayanan publik.

Sementara, informasi yang diterima media ini pengukuhan Unit Saber pungl ini dilakukan tanpa adanya anggaran yang Diplot pada unit ini, sedangkan unit ini sudah mulai bekerja pada saat dilantik. (Zul/af/hms) 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)