Solok

Tangkap Tahanan Kabur, Kopda Arpan Avandi Tuai Pujian

Warta Andalas | Selasa, 02 April 2019 - 09:38:53 WIB | dibaca: 180 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - Bertindak cepat dan menangkap tahanan Lapas Klas IIB Laing Solok yang kabur dan sedang berkeliaran di Gurun Bagan Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kopda Arpan Avandi, Babinsa Aripan Koramil 06/Singkarak, Kodim 0309/Solok menuai pujian.  RT (16) merupakan tahanan kasus pembunuhan di Saniang Baka Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok, Senin (1/4) ini kabur dari Lapas Klas IIB Solok, saat semua tahanan sedang melaksanakan sholat subuh, dengan cara memanjat pagar Lapas.

Pada hari yang sama saat tahanan ini kabur, Senin (1/4) Kopda Arpan Avandi melihat RT ini sedang berkeliaran di Gurun Bagan. Kopda Arpan Avandi langsung bertindak mengamankannya. Selanjutnya, Kopda Arpan Avandi menelpon Brigadir Agung anggota Sat. Tahiti Polres Solok Kota dan menanyakan kenapa tahanan Lapas Klas IIB Solok berada diluar. 

Selanjutnya, Brigadir Agung bersama Briptu Rio Asgra dengan menggunakan mobil dinas tahanan Polres Solok Kota langsung menuju Lokasi dan menemui Kopda Arpan yang telah mengamankan RT, tahanan kabur dari Lapas Klas IIB Solok tersebut. Dan kedua personil Polres Solok Kota ini melaporkannya kepada Kasat Reskrim dan membawanya ke Polres Solok Kota.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan S.I.K,MH Dt. Pandeka Rajo Muda mengucapkan terima kasih kepada Kopda Arpan Avandi yang telah membantu Polri menangkap tahanan tersebut. Dony menyebutkan apa yang dilakukan oleh Kopda Arpan Avandi, Babinsa Aripan Koramil 06/Singkarak Kodim 0309/Solok menunjukan sinergisitas TNI/Polri telah berjalan dengan baik. Sebagai penjaga Kamtibmas dan keamanan negara Kopda Arpan Avandi telah bekerja melampaui tugasnya. Komitmennya dalam menjaga keamanan bersama Polri telah ditunjukannya dengan membantu Polri dalam menangkap tahanan yang kabur. "Terima kasih Kopda Arpan Avandi" Katanya.

RT sendiri merupakan Napi kasus pembunuhan di Saniangbaka, status tahanan pengadilan dan sedang menjalani proses sidang di PN Solok. RT dijerat Pasal 340  Jo 338 KUHP Jo pasal 76 jo 80 ayat (3) UU no 17 tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang -Undang RI Nomor 24 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Menjadi Undang - undang.(Fkr)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)