Purbalingga

Taman Bojong, Salahsatu Spot Selfie yang Menarik

Warta Andalas | Jumat, 12 Januari 2018 - 19:38:36 WIB | dibaca: 82 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Taman Bojong yang ada di kelurahan Bojong Kecamatan Purbaligga bisa menjadi tempat swafoto yang layak dikunjungi. Taman tersebut merupakan salah satu dari lima taman kota yang yang ada. Yakni  taman Maerakaca, taman Curug Gringsing, taman depan SMK 3 Purbalingga, dan taman Pasar Segamas.

Dibentuknya beberapa taman oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga bertujuan untuk memanjakan warganya sebagai fasilitas publik dan sebagai ruang terbuka hijau. Masyarakat bisa menggunakannya untuk bercengkerama degan keluarga, teman dan sahabatnya. Selain itu juga bisa digunakan untuk melepas lelah dari rutinitas kerjanya.

Taman Bojong itu sendiri dibangun pada tahun 2012 dengan anggaran sekitar Rp 850 juta yang dibangun dilahan kurang lebih 1 hektar. Namun pembangunannya belum rampung sehingga pada tahun 2013 dilanjutkan kembali dengan anggaran sebesar Rp 1,8 miliar. Dengan perubahan struktur organisasi pada tahun 2017, pengelolaan taman Bojong menjadi tangungjawab Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang semula menjadi tangungjawab Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

Fasilitas yang ada dalam taman Bojong sudah cukup memadai, ada gazebo besar yang bisa memuat 20 orang, kemudian ada bebarapa gazebo kecil yang bisa digunakan untuk berteduh. Taman Bojong juga bisa digunakan untuk sekedar olahraga jogging track  dengan mengitari taman selama 15 menit, keringatpun akan bercucuran.

Di taman Bojong juga ada dua kolam air mancur, kemudian ada wahana prosotan buat anak-anak, yang menarik pada taman bojong ada bebarapa bunga yang sedang mekar sehingga bisa swafoto yang menarik. Menurut salah seorang pengunjung, Lintang (23 th)  mengatakan kalau taman Bojong bisa dikelola lebih baik lagi bisa menjadi alternatif wisata yang murah meriah.

“Kita bisa berswafoto disini dengan bunga-bunga yang cantik dan suasana yang adem menambah betah pengunjung untuk menikmatinya,” katanya, Jum’at (12/1).

Pengunjung yang lain Fitri (20 th) mengatakan suasana taman Bojong bisa membuat pikiran fres kembali setelah menekuni rutinitas keseharian setelah usai bekerja maupun sekolah. Tempatnya yang mudah terjangkau dan masuknya pun gratis menambah nilai plus bagi taman Bojong.

Sedangkan salah satu tenaga harian lepas petugas taman Bojong yang tidak mau desebutkan namanya mengatakan ada beberapa inovasi yang akan dilakukan untuk memperindah Taman Bojong. Salah satunya dengan memotong rumput-rumput yang sudah tinggi dan menambah koleksi tanaman yang ada dan membersihkan kolam yang sudah berwarna hijau akibat lumut yang sudah banyak serta memperbaiki pancurannya.

“ Kami juga telah mengusulkan beberapa perbaikan khusunya untuk wahana prosotan anak-anak yang sudah keropos dikarenakan dimakan usia,” katanya.

Dia juga mengatakan untuk mengindari hal-hal yang tidak diingingkan, untuk semantara taman Bojong buka sejak pukul 8.30 sampai 14.00. Kebijakan tersebut dilakukan sejak ada aduan dari masyarakat sekitar terkait penyalahgunaan taman Bojong oleh oknum untuk perbuatan yang tidak layak. (PI-2)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)